Gigi Berlubang? Cegah dan Rawat dengan Cara Ini

Gigi Berlubang? Cegah dan Rawat dengan Cara Ini

Ilustrasi perawatan gigi dengan rutin menyikat gigi.-jennyfriedrichs-pixabay.com/jennyfriedrichs

BACA JUGA:Video: Buang Sial dengan Melepas Burung Pipit, Tradisi Imlek Warga Tionghoa

4. Minum air alkali (air minum pH basa)

Sebuah studi menyebutkan asupan alkali bisa menimbulkan efek resorpsi tulang, yakni proses di mana sel-sel tulang lama akan dipecah dan diganti dengan baru. Hal ini tentu akan memperbaiki kepadatan dan kekuatan tulang, termasuk untuk perawatan masalah gigi berlubang.

Banyak anak kecil yang mengalami gigi busuk pada usia dini. Pada usia tumbuh kembang, mereka kebanyakan minum dengan air yang mengandung asam. Meski sedikit, minum air dengan pH asam dapat membuat seseorang menderita kehilangan gigi pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Sebagai solusinya, Anda bisa memilih minum air alkali atau air minum basa dengan pH 8 atau lebih. Dengan mengonsumsi air minum pH basa, Anda dapat menetralkan asam di mulut yang memicu gigi berlubang dan air minum ini juga mendukung pertumbuhan gigi dan tulang yang lebih kuat.

BACA JUGA:Ikuti Cara Ini, Tanaman Dapat Tumbuh Subur

5. Mencoba terapi oil pulling

Oil pulling adalah prosedur detoksifikasi dengan cara berkumur dengan satu sendok minyak selama 20 menit. Pengobatan Ayurveda yang berasal dari India telah melakukan terapi oil pulling berabad-abad lamanya. Terapi ini biasanya menggunakan minyak kelapa, minyak biji bunga matahari, atau minyak biji wijen.

Dalam sebuah studi dalam jurnal Complementary Therapies In Medicine menunjukkan terapi oil pulling memiliki efektivitas yang hampir sama dengan obat kumur chlorhexidine untuk mengurangi plak penyebab gigi berlubang. Selain itu, prosedur detoks sederhana ini juga mampu membantu menyembuhkan masalah gigi, sakit kepala, hingga diabetes.

Anda juga bisa membantu mencegah kerusakan gigi dengan rajin sikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride. Bersihkan pula area sela-sela gigi dengan benang gigi (dental floss) dan berkumur dengan obat kumur.

BACA JUGA:Video: Banjir Pesanan, Pengrajin Butuh Banyak Daun Nanas

Lalu, kunjungi dokter gigi setiap enam bulan untuk pembersihan dan pemeriksaan guna menghindari masalah pada mulut dan gigi Anda.

Itulah tadi pembahasan tentang cara merawat gigi berlubang agar tidak semakin parah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.* (Ahmad Ramli, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat.com