Video: Buang Sial dengan Melepas Burung Pipit, Tradisi Imlek Warga Tionghoa

Video: Buang Sial dengan Melepas Burung Pipit, Tradisi Imlek Warga Tionghoa

Tradisi melepas burung pipit atau fang sheng saat Imlek masih dilakukan oleh sebagian masyarakat Tionghoa hingga saat ini.-Irawan -paltv.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tradisi melepas burung pipit atau fang sheng masih dilakukan oleh sebagian masyarakat Tionghoa hingga saat ini.

Di hari perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 22 januari 2023, biasanya banyak masyarakat Tionghoa yang merayakannya dengan  menerbangkan burung pipit.

Tradisi melepaskan burung ini dipercayai oleh masyarakat Tionghoa sebagai cara untuk membuang sial di tahun sebelumnya.

Dari tradisi melepaskan burung ini, ternyata membawa berkah tersendiri bagi para pedagang burung pipit, terutama yang berjualan di sekitaran Kelenteng atau Vihara.

BACA JUGA:Video: Makna Shio Kelinci Tahun 2023

BACA JUGA:Ikuti Cara Ini, Tanaman Dapat Tumbuh Subur

Di sekitaran Kelenteng tertua di Palembang, Kelenteng Dewi Kwan Im di Kelurahan 9-10 Ulu, para pedagang burung pipit dadakan ini kebanjiran rezeki dari umat yang Tridharma yang beribadah dan merayakan Imlek. 

Sayuti pedagang burung pipit mengaku, biasanya ribuan burung pipit dagangannya pasti akan habis terjual. Harga satu ekor burung pipit dibandrolnya sekitar Rp5 ribu.

“Alhamdulillah penjualan burung pipit ramai seperti tahun lalu. Yang beli orang-orang yang ibadah sembahyang di kelenteng ini,” ungkap Sayuti lega.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id