3 Alasan Harus Makan Mangga, Baik untuk Kesehataan Mata

3 Alasan Harus Makan Mangga, Baik untuk Kesehataan Mata

buah Mangga Baik untuk Kesehataan Mata.-PublicDomainPictures-Pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Buah mangga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan mata, meskipun manfaat ini tidak eksklusif hanya pada mangga dan dapat ditemukan pada beberapa jenis buah-buahan lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan mata yang terkait dengan buah mangga:

1. Antioksidan

Buah mangga mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif pada jaringan mata, dan antioksidan dapat membantu mengurangi risiko kerusakan tersebut.

2. Vitamin A

Buah mangga kaya akan vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kesehatan retina dan mempromosikan penglihatan yang baik, terutama dalam kondisi cahaya redup.

3. Lutein dan zeaxanthin

Mangga mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin, yang merupakan karotenoid yang ditemukan di dalam retina mata.

Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan dipercaya dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, dan memperbaiki kualitas penglihatan.

BACA JUGA:Buah Mangga Dinilai Ampuh untuk Menaikkan Berat Badan

BACA JUGA:4 Manfaat Buah Mangga untuk Diet, Memperkuat Sistem Imun Tubuh & Usus Jadi Sehat

Meskipun mangga memiliki manfaat kesehatan mata, penting untuk dicatat bahwa tidak ada makanan tunggal yang dapat menyembuhkan masalah penglihatan atau mencegah penyakit mata sepenuhnya. 

Untuk menjaga kesehatan mata secara umum, penting untuk mengadopsi pola makan seimbang yang kaya akan berbagai nutrisi, termasuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh mata.

Selain itu, jangan lupakan pentingnya menjaga kebersihan mata, menggunakan pelindung mata saat terpapar sinar matahari yang kuat, dan menjalani pemeriksaan mata secara teratur oleh profesional kesehatan mata.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber