4 Manfaat Buah Mangga untuk Diet, Memperkuat Sistem Imun Tubuh dan Usus Jadi Sehat

4 Manfaat Buah Mangga untuk Diet, Memperkuat Sistem Imun Tubuh dan Usus Jadi Sehat

Manfaat Buah Mangga.-candoyi-Pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Mangga adalah buah yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Serat dalam mangga dapat membantu menjaga kesehatan usus dan mempromosikan pencernaan yang sehat.

Berikut adalah beberapa manfaat mangga untuk kesehatan usus:

1. Serat

Mangga mengandung serat larut dan tidak larut. Serat larut membantu membentuk tinja, memperlambat penyerapan gula, dan membantu menjaga keseimbangan gula darah. Serat tidak larut membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.

2. Membantu pencernaan

Mangga mengandung enzim alami yang disebut bromelain, yang membantu memecah protein dalam makanan dan meningkatkan pencernaan. Juga, kandungan seratnya membantu mengurangi risiko sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara umum.

3. Antiinflamasi

Mangga mengandung senyawa antiinflamasi, seperti quercetin, isoquercitrin, astragalin, dan gallic acid, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam usus dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

4. Prebiotik alami

Mangga juga mengandung serat jenis tertentu yang berfungsi sebagai prebiotik alami. Prebiotik memberikan makanan bagi bakteri baik dalam usus, yang membantu menjaga keseimbangan flora usus dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Penting untuk mencatat bahwa sambil mangga dapat memberikan manfaat kesehatan usus, penting juga untuk menjaga pola makan seimbang secara keseluruhan dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat. Jika Anda memiliki masalah kesehatan usus atau gangguan pencernaan lainnya, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber