Ternyata Eh Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Konsumsi Ubi Jalar

Ternyata Eh Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Konsumsi Ubi Jalar

Ubi jalar.-auntmasako-pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang digemari orang Indonesia. Di setiap daerah nusantara, tumbuhan Ubi jalar ini masih bisa dijumpai. Di Palembang, Ubi jalar kerap pula disebut Ubi selo.

Ubi jalar memiliki rasa yang manis. Dapat diolah dengan berbagai macam cara untuk memasaknya, seperti direbus, dikukus, dipanggang, atau diolah menjadi kue. Kue talam Ubi jalar, merupakan salah satu contoh kue yang diolah dari Ubi jalar.

Selain diolah menjadi makanan, ubi jalar ternyata mempunyai banyak manfaat yang tersimpan dalam kandungan nutrisinya. Salah satunya dapat membantu melawan beragam penyakit, seperti menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi ubi jalar diduga dapat mengurangi resiko penyakit diabetes, obesitas, dan jantung.

Dilansir dari artikel “Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Nutrisinya” yang dimuat laman alodokter.com (diperbarui 2 Desember 2021), kebutuhan tubuh memenuhi banyak nutrisi seperti air, kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, gula, kalsium, sodium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, kolin, dan beta karotin, dapat terpenuhi dengan mengonsumsi 100 gram ubi jalar rebus matang.

BACA JUGA:Video: Minuman Jamu Kekinian 'Bu Haji' Diburu Warga

BACA JUGA:6 Cara Diet Cepat dan Sehat yang Wajib Anda Tahu

Maka tak heran, tanaman ubi jalar dengan begitu banyak kandungan nutrisi, memiliki manfaat kesehatan yang tidak sedikit. Setidaknya ada enam manfaat dari mengonsumsi ubi jalar.

1. Menurunkan resiko terkena kanker

Ubi jalar mengandung antioksidan beta karoten yang diduga dapat menurunkan risiko munculnya beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker buli-buli. Dari semua jenisnya, ubi ungu memiliki jumlah antioksidan paling tinggi.

2. Kekebalan tubuh

BACA JUGA:Wah! Ternyata Ini Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

BACA JUGA:Jangan Biarkan Anak Jajan Sembarangan, Zat Aditif pada Makanan Ringan Mengintai Kesehatan si Buah Hati!

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A dapat meningkatkan radang usus dan mengurangi respon sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Beta karoten pada ubi jalar bisa diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

3. Baik untuk kesehatan mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter.com