Mengenang Kejayaan Kedatuan Sriwijaya di Palembang dari Bukit Siguntang

Mengenang Kejayaan Kedatuan Sriwijaya di Palembang dari Bukit Siguntang

Bukit Siguntang Palembang.--foto: hallo palembang

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bukit Siguntang adalah salah satu situs sejarah penting yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

Bukit ini memiliki nilai historis dan arkeologis yang tinggi, serta dianggap sebagai salah satu peninggalan sejarah yang berharga di wilayah Sumatera Selatan.

Berdasarkan penelitian arkeologi, Bukit Siguntang telah dihuni sejak zaman prasejarah, sekitar 2.500 tahun yang lalu. Bukit ini menjadi tempat pemukiman dan pusat kegiatan sosial, politik, dan keagamaan pada masa lalu.

Pada abad ke-7 Masehi, Bukit Siguntang menjadi pusat Kedatuan Sriwijaya, salah satu kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara pada masa itu yang bertahan selama tujuh abad.

BACA JUGA:Wow! Kaset Tape Jadul Terjual hingga 3 Juta Kembali ke Nostalgia Koleksi Kaset Tape Jadul untuk Pecinta Musik

BACA JUGA:''Heboh! 5 Zodiak Paling Mudah Bosan, Perselingkuhan Mengintai! Kamu Termasuk yang Mana?

Sriwijaya dikenal sebagai pusat perdagangan dan pengaruh budaya yang penting di kawasan Asia Tenggara. Bukit Siguntang menjadi tempat penting dalam praktik keagamaan Buddha dan kebudayaan Kedatuan Sriwijaya.

Selama masa Sriwijaya, Bukit Siguntang juga menjadi tempat berdirinya candi-candi dan monumen-monumen yang menghiasi bukit ini. Di Bukit Siguntang ini pada masa kolonial Belanda pernah ditemukan stupa dalam ukuran besar. Pada masa kini, ditemukan susunan batu bata diduga dari abad 7 Masehi. Para arkeolog memperkirakan susunan bata kuno d Bukit Siguntang itu sebagai bagian dari bangunan candi.

Selain peran pentingnya dalam sejarah Sriwijaya, Bukit Siguntang juga diduga menjadi tempat pemakaman bangsawan Melayu dari Kerajaan Palembang pada masa lampau. Banyak makam dan batu nisan yang tersebar di bukit ini yang diduga sebagai bukti pemakaman tersebut.

Selama bertahun-tahun, Bukit Siguntang menjadi tujuan wisata sejarah yang populer di Sumatera Selatan. Pengunjung dapat menjelajahi situs-situs bersejarah, mengunjungi makam-makam bangsawan Melayu, dan menikmati panorama indah dari puncak bukit.

BACA JUGA:Belum Lengkap Sarapan di Pagi Hari jika Belum ‘Ngirup Cuko’ Pempek

BACA JUGA:Siap-siap! Turnamen Bergengsi Palembang Basket League Cup Segera Mulai

Secara keseluruhan, Bukit Siguntang merupakan situs bersejarah yang menggambarkan kejayaan Kedatuan Sriwijaya dan peradaban Melayu di wilayah Sumatera Selatan. Bukit ini menjadi saksi bisu dari masa lalu yang kaya akan sejarah, budaya, dan peradaban yang pernah ada di daerah tersebut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber