Hati-hati, Ketahui Dampak pada Tubuh jika Mengonsumsi Air Putih Terlalu Banyak

Hati-hati, Ketahui Dampak pada Tubuh jika Mengonsumsi Air Putih Terlalu Banyak

Ilustarsi Konsumsi Air Putih Berlebihan--freepik.com, kamranaydinov

Kekurangan Sodium dalam Tubuh

Hiponatremia terjadi karena terganggungnya jumlah sodium dalam tubuh, bahkan apabila kadar sodium terlalu banyak yang hilang, tubuh akan mengalami pembengkakan pada sel-sel.

BACA JUGA:Ibu Sering Melarang Anak Minum Air Es, Benarkah Jadi Pemicu Batuk dan Flu?

BACA JUGA:Manfaat Minum Air Putih Sebelum Bermain Cinta, Pasangan Wajib Tahu!

Kondisi ini lebih sering ditemukan pada atlet olahraga, atau seseorang yang sedang melakukan olahraga intens, karena sodium hilang bersama keringat hasil aktivitas.

Kekurangan Potasium dalam Tubuh

Hipokalemia merupakan kondisi penyakit pada tubuh yang kadar potasiumnya rendah akibat terlalu banyak konsumsi air putih atau overhidrasi. Tanda-tanda penyakit ini muncul pada tubuh yakni, seseorang merasakan mual dan muntah, tekanan darah rendah, bahkan diare. Apabila tubuh sedeang mengalami overhidrasi, sebaiknya berhenti dulu konsumsi air putih.

Kekuatan Otot Melemah / Kram Otot

BACA JUGA:Khasiat Air Mawar untuk Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

BACA JUGA:Fakta Dibalik Menggoreng Menggunakan Air Fryer

Overhidrasi dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh disebabkan jumlah elektrolit yang menurun. Ini akan berdampak kepada fungsi otot, sehingga memunculkan kram.

Itulah mengapa apabila sedang melakukan kegiatan intensitas tinggi, olahraga intensif, selain meminum air putih, dianjurkan konsumsi minuman khusus olahraga, untuk mengisi elektrolit tubuh yang hilang.

Memperberat Kinerja Ginjal

Meminum terlalu banyak air apalagi dalam jangka waktu yang pendek akan berdampak pada ginjal. Ginjal menjadi kewalahan dan kesulitan menjalankan fungsinya sebagai penyaring racun dalam aliran darah dan sisa-sisa air.

BACA JUGA:Banyak Info tentang Selada Air bagi Kesehatan. Jangan Asal Konsumsi Sebelum Tahu Khasiatnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber