Ibu Sering Melarang Anak Minum Air Es, Benarkah Jadi Pemicu Batuk dan Flu?

Ibu Sering Melarang Anak Minum Air Es, Benarkah Jadi Pemicu Batuk dan Flu?

Benarkah Minum Es Jadi Pemicu Batuk dan Flu--Source Gambar: toxicfreefuture.org

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Minum air suatu kebutuhan untuk mencukupi cairan dalam tubuh dari aktivitas sehari-hari yang kita jalani. Dengan minum air tubuh akan terasa segar dan energik.

Namun apa benar minum air es bisa bikin batuk pilek? Pada musim panas pastinya godaan ingin minum es tidak bisa dilawan. Tidak hanya menghilangkan haus, air es juga bisa mendinginkan suhu badan.

Disaat kita minum air es, sering kali es itu dikaitkan penyebab tubuh kita sakit seperti batuk dan pilek. Kita pun waktu kecil sering dimarahi orangtua saat minum es.

Tidak ada bukti ilmiah yang meyakinkan yang menyatakan bahwa minum air es secara langsung menyebabkan batuk atau pilek.

Batuk dan pilek umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, alergi, perubahan cuaca, atau faktor lainnya. Air es itu sendiri tidak dapat menyebabkan penyakit seperti batuk atau pilek.

BACA JUGA:Dir Polairud Polda Sumsel Sumbang Baju Beladiri Karate kepada Pelajar SD Agar Semangat Latihan

BACA JUGA:Tersangka Lina Mukherjee Membenarkan Jalani Tes Kejiwaan, Eh Kuasa Hukum Malah Membantah!

Namun, beberapa orang mengklaim bahwa minum air es dapat memperburuk gejala batuk atau pilek yang sudah ada.

Ini mungkin karena air es dapat menyebabkan kontraksi pada saluran udara dan membran lendir di tenggorokan, yang pada gilirannya dapat memicu batuk atau mengiritasi saluran pernapasan yang sudah terinfeksi.

Setiap orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap suhu dan makanan dingin. Jadi, jika Anda merasa minum air es membuat gejala batuk atau pilek Anda memburuk, mungkin lebih baik menghindari minuman dingin atau mengkonsumsinya dengan bijak.

Lebih penting lagi, jika Anda mengalami batuk atau pilek yang berkepanjangan atau gejalanya semakin parah, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional medis untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

BACA JUGA:Pasar Tradisional Kayuagung Akan 'Disulap' Jadi Pasar Modern

BACA JUGA:Malam Syukuran HUT APEKSI ke-23 di Kota Palembang Berlangsung Meriah

Kaitan antara air es dan batuk pilek adalah bahwa minuman dingin seperti air es bisa membantu meredakan gejala batuk pilek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber