Lebih dari 'Seriwu' Tahun! Palembang Kota Tertua di Indonesia, Benarkah?

Lebih dari 'Seriwu' Tahun! Palembang Kota Tertua di Indonesia, Benarkah?

Lebih dari 'seriwu' (seribu) tahun, Sungai Musi menjadi jantung Kota Palembang.-Devi Setiawan (Cek Dev)-instagram.com/@cekdev

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kota PALEMBANG terkenal dengan kuliner khasnya yaitu Pempek. Namun, siapa sangka jika Kota PALEMBANG merupakan kota tertua di Indonesia.

Mengacu pada tafsir para ahli Sriwijaya terhadap Prasasti Kedudukan Bukit peninggalan Kedatuan Sriwijaya, Palembang kota tertua di Indonesia ini sudah ada sejak 16 Juni 604 Saka atau 682 Masehi. Berarti, usia Kota Palembang lebih dari 'seriwu' atau seribu tahun.

Berdasarkan tafisr atas Prasasti Kedukan Bukit itu pula, kota yang dikenal dengan nama Palembang saat ini, didirikan oleh penguasa Kedatuan Sriwijaya pada kala itu, Dapunta Hyang Srijayanasa.

Kedudukan Palembang sebagai Ibu Kota Kedatuan Sriwijaya sempat diragukan oleh beberapa peneliti, budayawan dan sejarawan.

BACA JUGA:Jreng Jreng! Ternyata Hari Jadi Palembang Bukan 17 Juni dan Usianya pun Bukan 1340 Tahun, Ini Buktinya!

BACA JUGA:Jalan Sekanak! Berburu Kuliner di Sudut Kota Tua di Palembang.

Ada yang menafsir bahkan beranggapan bahwa Ibu Kota Kedatuan Sriwijaya adalah Jambi, ada pula yang beranggapan di Kedah, Malaysia.

Namun, satu fakta arkeologis yang belum terbantahkan adalah Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Palembang.

Beberapa sarjana menyamakan Prasasti Kedukan Bukit sebagai akta kelahiran Kedatuan Sriwijaya yang disamakan dengan Palembang.

Dalam perkembangannya, tidak menutup kemungkinan Ibu Kota Kedatuan Sriwijaya berpindah lokasi dari Palembang ke Melayu Jambi dan Kedah.

BACA JUGA:Rumah Apung di Bumi Sriwijaya

BACA JUGA:Jejak Sisa Kerajaan Sriwijaya di Sumsel

Tapi perlu diingat, Prasasti Kedukan Bukit hingga saat ini adalah artefak tertua peninggalan dari Kedatuan Sriwijaya.

Maka, siapa pun boleh saja beranggapan dan menafsir bahwa Palembang adalah Ibu Kota dan pusat pemerintahan Kedatuan Sriwijaya pada periode awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber