Jejak Sisa Kerajaan Sriwijaya di Sumsel

Jejak Sisa Kerajaan Sriwijaya di Sumsel

Arca yang merupakan jejak peninggalan kerajaan Sriwijaya--Tamansriwijaya.sumselprov.go.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai beragam bahasa, suku dan budaya. Terdiri dari beragam pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Wilayah perairan yang sangat luas, menasbihkan Indonesia menjadi negara maritim yang besar.

Pada masa lampau, Indonesia lahir dari kerajaan-kerajaan besar. Setiap wilayah memiliki raja dan daerah kekuasaan sendiri yang mengatur jalannya kegiatan pemerintahan kala itu, salah satunya kerajaan Sriwijaya.

Kerajaan atau Kedatuan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan terbesar yang ada di Indonesia. Kerajaan bercorak Buddha ini juga merupakan kerajaan maritim yang pernah menguasai perdagangan di Selat Malaka.

Kerajaan ini juga mempunyai beberapa peninggalan yang masih tersimpan di Museum Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya (TWKS) di Kota Palembang atau biasa disebut situs Karang Anyar.

BACA JUGA:Bawaslu OKI Surati Partai Politik Terkait Pendaftaran Bacaleg dari 1-14 Mei 2023

BACA JUGA:Terduga Pencuri Tewas Dihakimi Massa

Konon katanya dulu Taman Purbakala merupakan pusat dari Kerajaan Sriwijaya. Nah, di sini juga menyimpan banyak peninggalan Kerajaan Sriwijaya meliputi prasasti, arca maupun peninggalan lainnya.

Berikut peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang ada di Museum Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya (TWKS) dan sejarah singkatnya.

1. Prasasti Bukit Siguntang

Prasasti Bukit Siguntang ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang berbentuk batu Pasir. Prasasti ini ditemukan di situs Bukit Siguntang, Kota Palembang pada tahun 1920. Prasasti ini ditulis dalam huruf Pallawa terdiri atas 12 baris.

BACA JUGA:Siswi SD Ujian Akhir Sekolah Bawa Foto Artis Korea Jaemin Agar Semangat

BACA JUGA:Bahaya Tidak Membersihkan Riasan Wajah Saat Tidur

Berisi tentang penjelasan perang pada masa itu dan sumpah terhadap orang yang melanggar aturan. Diperkirakan Prasasti Bukit Siguntang berasal dari abad ke 7 Masehi.

2. Arca Siwa Mahadewa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tamansriwijaya.sumselprov.go.id