Jalan Sekanak! Berburu Kuliner di Sudut Kota Tua di Palembang.

Jalan Sekanak! Berburu Kuliner di Sudut Kota Tua di Palembang.

Gedung Jacobson Van Den Berg peninggalan Belanda yang masih ada di Jalan Sekanak Palembang. Di sekitar sini kita juga bisa berburu aneka kuliner.-annisa mafiro-foto pribadi

PALEMBANG,PALTV.CO.ID – Kota PALEMBANG juga memiliki bagian kota tua. Sebut saja Sekanak yang berada di pinggiran sungai Musi. Terdapat beberapa bangunan yang sekarang dijadikan cagar budaya.

Seperti Gedung Jacobson Van Den Berg. Dulunya gedung ini merupakan perkantoran dan pergudangan yang dikelola perusahaan perdagangan milik belanda. Di dalam gedung ini terdapat ruangan brankas yang mungkin menjadi tempat penyimpanan barang berharga dan uang dalam jumlah besar.

Komoditi andalan Sumsel diperdagangkan melalui gedung ini, terutama kopi dan karet serta ada juga batu bara. Sampai saat ini gedung ini masih menarik perhatian masyarakat sering kali gedung ini dijadikan spot foto sebab gedung merupakan spot foto yang instragmabel bagi kaum muda saat ini. 

Di Jalan Sekanak, banyak bangunan lain mengesankan suasana khas masa lampau masih berdiri hingga saat ini.

BACA JUGA:Setelah Nikah! Pilih Ngontrak Seadanya Apa Tinggal di Pondok Mertua Indah?

BACA JUGA:Bunda Harus Paham ! Jangan Asal Menyimpan Daging, Berikut Cara Menyimpan Daging dengan Benar.

Gedung Jacobson van den berg, saat ini butuh perbaikan seperti warna cat gedungnya yang sudah mulai memudar. Hal ini lebih terlihat kusam, lantaran di depan gedung ini dipakai para penjual sepatu loak dan jasa tukang sol sepatu.

Sayang sekali, kawasan sekanak sudah tidak tertata dengan rapi seperti dulu. Bangunan-bangunan yang sudah tidak terurus, sungai sekanak yang diperbaiki Pemkot pun sekarang sudah tidak terurus lagi. Mulai dari air nya yang sudah menjadi warna hitam serta terdapat banyaknya sampah. 

Tak hanya itu Sekanak juga pada zaman dahulu merupakan daerah para bangsawan atau sering juga dikenal sebagai pusat pemerintahan sultan Palembang, daerah sekanak pada masanya merupakan pusat pemerintahan ketika zaman sultan-sultan Palembang berkuasa.

Pangeran Adipati II yang merupakan adik kandung Sultan Mahmud Badaruddin II pernah tinggal di daerah sekanak.

BACA JUGA:Tergigit Anjing Gila? Bagaimana Penanganannya?

BACA JUGA:Manfaat Serta Tips Workout Untuk Menciptakan Gaya Hidup Sehat

Meskipun demikian, Jalan Sekanak tetap banyak didatangi orang. Karena menjadi tempat kuliner khas Palembang yang lezat dan otentik. 

Di sini dijual nasi ketan yang diaduk dengan kelapa parut yang gurih dan lezat, kemudian disajikan dengan ikan patin atau ikan gabus yang digoreng dengan rempah-rempah tradisional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber