Pelangi Hanya Muncul Setelah Hujan, Benarkah?

Pelangi Hanya Muncul Setelah Hujan, Benarkah?

--(Foto: pixabay-Connygatz)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Fenomena alam yang indah dan mengesankan adalah munculnya pelangi di langit setelah hujan. Pelangi sering dianggap sebagai anugerah alam yang luar biasa, membawa keindahan dan harapan setelah hujan. Tapi mengapa pelangi muncul setelah hujan?

Pelangi adalah hasil interaksi sinar matahari dan tetesan air di atmosfer. Saat hujan,tetesan air ini bertindak seperti prisma alami, membelah sinar matahari menjadi pelangi warna. Proses ini melibatkan pembiasan, refleksi, dan pembiasan cahaya saat melewati tetesan air.

Syarat-syarat tertentu harus dipenuhi agar pelangi dapat terbentuk. 

Pertama, hujan harus turun dengan intensitas yang cukup. Setelah hujan berhenti, sinar matahari seharusnya sangat cerah. Saat sinar matahari menyinari tetesan air yang masih ada di udara, cahaya tersebut dibiaskan dan terbagi menjadi berbagai warna.

Pelangi yang kita lihat terdiri dari tujuh warna primer, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Warna-warna ini adalah bagian dari spektrum cahaya. Setiap warna memiliki panjang gelombang yang berbeda,sehingga ketika cahaya dipisahkan, warna dapat dilihat secara terpisah. Urutan warna pada pelangi selalu sama, dimulai dari bagian dalam yang berwarna merah dan bergerak ke luar dalam rangkaian warna lainnya.

BACA JUGA:Inilah Beberapa Jenis Makanan yang sangat Bermanfaat untuk Meningkatkan Stamina Pria Dewasa

BACA JUGA:Merawat Kuku agar Tetap Sehat, Cantik, dan Tidak Rapuh

Selain pelangi yang terjadi setelah hujan, ada fenomena lain yaitu pelangi ganda atau pelangi kedua. Pelangi sekunder terjadi ketika sinar matahari memantul dari tetesan air dua kali sebelum mencapai mata kita.Pelangi sekunder berwarna lebih gelap dan terletak di luar pelangi primer. Pelangi ini terkadang redup atau terlihat sebagian.

Selain hujan, pelangi juga bisa muncul setelah badai, embun beku, atau bahkan kabut tipis. Kondisi cuaca yang berbeda dapat memengaruhi ukuran, intensitas, dan kecerahan pelangi yang dihasilkan. Misalnya, ketika sinar matahari masuk dengan sudut rendah, pelangi tampak lebih besar dan lebih terang.

Tetapi mengapa pelangi hanya terlihat di bagian langit tertentu? Ini terjadi karena pembentukan pelangi membutuhkan sudut pandang tertentu antara mata kita, tetesan air, dan sinar matahari. Sudut ini sekitar 42 derajat dan oleh karena itu pelangi muncul di langit pada sudut ini. Saat kita mengubah posisi, pelangi bergerak atau bahkan menghilang.

Pelangi bukan hanya fenomena alam yang indah, tetapi juga memiliki makna simbolis yang kuat dalam budaya dan sejarah manusia. Banyak mitos dan legenda yang dikaitkan dengan pelangi di berbagai budaya dunia. Beberapa menganggap pelangi sebagai tanda keharmonisan antara langit dan bumi, yang lain menganggapnya sebagai simbol kebahagiaan atau harapan.

BACA JUGA:Perhatikan Hal-hal Berikut Ini Saat Anda Membiarkan Anak Bermain HP

BACA JUGA:Anies Baswedan Galau, AHY Dilirik PDIP untuk Jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024

Secara ilmiah, pelangi adalah hasil interaksi alami antara cahaya dan air di atmosfer.Namun tidak dapat dipungkiri bahwa keindahan pelangi juga dapat menimbulkan perasaan kagum dan takjub.Pelangi mengingatkan kita akan keragaman dan keindahan alam dan memberi kita harapan akan cahaya setelah masa-masa sulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber