Perubahan Iklim Terhadap Lingkungan, Berikut Dampak, Perubahan Iklim Terhadap Lingkungan

Perubahan Iklim Terhadap Lingkungan, Berikut Dampak, Perubahan Iklim Terhadap Lingkungan

Dampak perubahan iklim--(Foto: Departemen Kajian Strategis Jama’ah Shalahuddin.jpg)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Perubahan iklim sangat berpengaruh bagi manusia .Dampaknya terasa di seluruh penjuru dunia dan berdampak signifikan pada lingkungan kita.

Perubahan suhu global, peningkatan tingkat permukaan laut, cuaca ekstrem, dan hilangnya keanekaragaman hayati adalah beberapa hasil langsung dari perubahan iklim yang dapat kita saksikan.

Salah satu dampak utama perubahan iklim adalah pencairan es di Kutub Utara dan Selatan. Peningkatan suhu global menyebabkan mencairnya lapisan es di gletser dan es di permukaan laut, yang berkontribusi pada kenaikan permukaan laut.

Ini mengancam pulau-pulau kecil dan pesisir yang rendah, serta mempengaruhi kehidupan hewan dan tumbuhan yang bergantung pada ekosistem kutub.

Selain itu, perubahan iklim juga menyebabkan cuaca ekstrem yang lebih sering terjadi. Badai yang lebih kuat, kekeringan yang lebih parah, banjir yang lebih sering, dan musim panas yang lebih panas adalah contoh-contoh cuaca ekstrem yang dapat dihubungkan dengan perubahan iklim.

BACA JUGA:Terungkap Menabung ala KONGLOMERAT: Perbedaannya dengan Kita yang Harus Kita Ketahui

BACA JUGA:Memulai Pekerjaan Sampingan Sambil Bekerja dengan Gaji UMR: Tips dan Strategi dari Raymond Chin

Dampaknya termasuk kerugian ekonomi, kerusakan infrastruktur, dan ancaman terhadap keselamatan manusia.

Keanekaragaman hayati juga terancam akibat perubahan iklim. Organisme hidup seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme sangat tergantung pada kondisi lingkungan yang stabil. Perubahan iklim dapat mengubah pola iklim dan habitat mereka, sehingga mengancam kelangsungan hidup banyak spesies.

Hilangnya keanekaragaman hayati dapat memiliki konsekuensi jangka panjang yang tidak dapat diabaikan, termasuk terganggunya rantai makanan dan kerugian bagi manusia yang bergantung pada sumber daya alam.

Untuk mengatasi dampak perubahan iklim, upaya global diperlukan. Negara-negara harus bekerja sama untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan beralih ke sumber energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Peningkatan kesadaran dan pendidikan tentang perubahan iklim juga penting untuk memotivasi tindakan individu dalam mengurangi jejak karbon mereka.

BACA JUGA:Belum Setahun Dibangun, Kabel Listrik Flyover Patih Galung Lenyap Dicuri

BACA JUGA:Bukan Sekedar Kewajiban!! Banyak Manfaat Tersirat Solat Untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber