Keajaiban Geologi Kebumen: Dari Lokal ke Global dengan Status UNESCO

Keajaiban Geologi Kebumen: Dari Lokal ke Global dengan Status UNESCO

Keajaiban Geologi Kebumen: Dari Lokal ke Global dengan Status UNESCO--Foto : indonesia.go.id/pemkab kebumen

PALTV.CO.ID  - Pada 8 September 2024, Geopark Kebumen di Jawa Tengah secara resmi diakui sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp) dalam sidang yang berlangsung di Cao Bang, Vietnam.

Pengakuan ini menegaskan kekayaan geologis Kebumen serta usaha keras berbagai pihak dalam melestarikan dan mengelola kawasan tersebut.

Prestasi ini menambah deretan geopark Indonesia yang diakui dunia internasional, sekaligus membuka peluang bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

BACA JUGA:Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Ada yang Masuk UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

 

Perjalanan Menuju Pengakuan UNESCO

Sejarah Geopark Kebumen dimulai pada 2004 ketika Kawasan Bentang Alam Karst Gombong Selatan (KBAK) ditetapkan sebagai kawasan pembangunan berkelanjutan oleh Presiden Republik Indonesia.

Pada 2006, Karangsambung diakui sebagai Cagar Alam Geologi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Langkah ini diikuti oleh usulan Pemerintah Kabupaten Kebumen pada 2018 agar Geopark Karangsambung-Karangbolong mendapatkan pengakuan nasional, yang akhirnya terwujud pada 30 November 2018.

BACA JUGA: Kebaya dan Dangdut: Mendukung Pengakuan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Geopark Kebumen meliputi area seluas 543.599 km², mencakup 12 kecamatan dan 117 desa. Morfologi wilayah ini sangat bervariasi, mulai dari perbukitan, lembah, hingga pantai, yang menyajikan kekayaan geologis dan keindahan alam luar biasa.

Setelah melalui proses evaluasi yang ketat, UNESCO akhirnya memberikan pengakuan global terhadap Geopark Kebumen, menjadikannya bagian dari jaringan internasional taman bumi.

 

Prestasi dan Dampak Positif bagi Kebumen

Sigit Tri Prabowo, General Manager Badan Pengelola Geopark Kebumen, menyatakan bahwa pencapaian ini adalah hasil kerja keras berbagai pihak. “Alhamdulillah, seluruh anggota Dewan UGGp dari 11 negara dengan bulat menerima Geopark Kebumen sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id