Penyebab Kaki Sering Kesemutan, Hati-hati Bisa Karena Makanan!

Penyebab Kaki Sering Kesemutan, Hati-hati Bisa Karena Makanan!

ilustrasi kesemutan--idntimes.com

 

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kesemutan adalah hal yang sering dialami oleh banyak orang. Kesemutan dapat terjadi di bagian tubuh manapun, namun paling sering terjadi di bagian- bagian tangan dan kaki.

 

Kesemutan adalah suatu kondisi yang bisa disebut cukup ringan. Kesemutan sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun terkadang kondisi tersebut bisa terjadi berlang-ulang dan rasanya pasti tidak nyaman dan cukup mengagu.

 

Namun Kesemutan ternyata bisa jadi pertanda kamu sedang mengalami suatu penyakit tertentu. Hal ini yang perlu kamu waspadai kalau kamu kesemutan. Tidak hanya itu, ada makanan yang ternyata jadi penyebab kesemutan. Simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Kebiasaan minuman alkohol

BACA JUGA:Tips Menumbuhkan Brewok Secara Alami dengan Bantuan Herbal untuk Kesehatan dan Kebahagiaan dalam Hubungan

BACA JUGA:Selain Rasanya yang Nikmat, Inilah Khasiat Jamur Kuping bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

 

kebiasaan minum alkohol rentan mengalami kaki kesemutan, sebab konsumsi alkohol secara berlebih bisa memicu kerusakan saraf perifer atau disebut juga neuropati alkoholik.

 

Selain itu  juga rentan mengalami kekurangan vitamin B1,E  , dan asam folat. Kekurangan Vitamin dapat memicu kerusakan dinding selsaraf sehingga berisiko terkena neuropati perifer atau gangguan saraf tepi.

 

2. Berbagai penyakit sistemik

 

Beberapa jenis penyakit sistemik yang bisa memicu keluhan kaki kesemutan adalah  tumor yang menekan saraf, hipotiroid, gangguan pada ginjal, penyakit hati, sindrom Guillain-Barré, dan kelainan darah seperti anemia sel sabit.

BACA JUGA:Selain Lezat untuk Olahan Masakan, Petai Cina juga Bermanfaat untuk Kesehatan

BACA JUGA:Segudang Khasiat Lidah Buaya, Ini 5 Manfaat Hebat bagi Kesehatan

 

Kesemutan di kaki yang sering terjadi, berkepanjangan atau tak kunjung hilang bisa menjadi tanda adanya penyakit sistemik, yaitu penyakit yang menyebabkan gangguan di seluruh sistem organ tubuh.

3. Sindrom sarap kejepit

 

Kondisi medis lain bisa menyebabkan kaki kesemutan yaitu sindrom sarap kejepit. Kondisi ini dapat terjadi akibat melemahnya jaringan pelindung antar sendi sehingga ruas tulang belakang menonjol dan menekan sarap. Sarap yang tertekan inilah yang dapat memicu kesemutan pada kaki dan bagian tubuh yang lain.

 

4. Kekurangan atau kelebihan Vitamin

BACA JUGA:Anda Penyuka kopi? Ini Efek Mengkonsumsi Kopi Kemasan bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Buah Palem bagi Kesehatan Tubuh

 

Untuk menjaga fungsi dan kesehatan saraf, tubuh membutuhkan vitamin E, vitamin B1 (tiamin), vitamin B3 (niacin),juga vitamin B12 (kobalamin) dan vitamin B6 (piridoksin),

 

5. Diabetes

 

Penyebab paling umum dari gangguan saraf tepi dengan gejala kaki kesemutan adalah penyakit kencing manis atau diabetes.  Penderita yang memiliki riwayat diabetes rentan yang mengalami gangguan saraf tepi, biasa kondisi ini disebut juga neuropati diabetik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber