Selain Rasanya yang Nikmat, Inilah Khasiat Jamur Kuping bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Selain Rasanya yang Nikmat, Inilah Khasiat Jamur Kuping bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Kuping Jamur--instagram.com/urbanina.id

PALEMBANG PALTV.CO.ID - Jamur kuping adalah salah satu jenis jamur yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, jamur ini juga banyak khasiat didalamnya. Nama jamur ini diambil dari bentuknya yang menyerupai daun telinga atau kuping.

Jenis jamur ini banyak dijumpai di Indonesia dengan ciri kemerahan dan memiliki tekstur yang kenyal. Namun, setelah dikeringkan jamur ini menjadi lebih alot. Jamur kuping kaya akan mineral dan vitamin yang sangat berkhasiat bagi tubuh. Berikut ini khasiat jamur kuping bagi kesehatan tubuh.

1. Baik untuk Penderita Diabetes

Khasiat jamur kuping bagi kesehatan tubuh pertama ialah mencegah diabetes. Kandungan serat yang tinggi pada jamur kuping dipercaya sangat baik bagi  penderita diabetes. Apabila ingin memperoleh hasil dan khasiat positif pada tubuh, anda dapat mengonsumsi olahan berbahan jamur kuping.

BACA JUGA:Efek Stres Yang Berlebihan & Penanganan Stress Ekstrim terhadap Kesehatan Mental

BACA JUGA:Segudang Khasiat Lidah Buaya, Ini 5 Manfaat Hebat bagi Kesehatan

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Khasiat jamur kuping kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkanya itu dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab, jamur kuping merupakan salah satu jenis jamur dengan kandungan serat yang cukup tinggi, dan juga rendah kalori.

Sehingga ketika anda mengkonsumsi jamur kuping, maka dapat membuat perut terasa lebih kenyang. Namun, kebutuhan nutrisi harian dapat terpenuhi dengan baik.

3. Menyehatkan Pencernaan

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Buah Palem bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA: Pindang Ikan Baung: Lezat dan Bermacam Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat jamur kuping untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu menyehatkan pencernaan. Serat yang ada dalam buah ini dapat membuat makanan di dalam usus menjadi bakteri yang baik. Mengkonsumsi jamur kuping sebanyak satu porsi, maka kebutuhan serat sebanyak 50% dalam satu hari dapat terpenuhi.

4. Mencegah Penyakit Anemia

Kekurangan zat besi menjadi salah satu penyebab terkena kekurangan darah atau anemia.Mengonsumsi satu porsi jamur kuping per harinya dapat memenuhi kebutuhan zat besi hingga 12%. Sebab, makanan yang mengandung banyak zat besi dipercaya mampu mencegah kekurangan darah atau anemia.

Selain itu mengkonsumsi makanan yang banyak zat besi juga baik bagi kesehatan khususnya seldarah merah yang memiliki peran sebagai penghantar oksigen keseluruh tubuh.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber