Hati-Hati Susu Sapi! Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi

Hati-Hati Susu Sapi! Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi

Hati-Hati Susu Sapi! Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi-@ brgfx-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Alergi susu sapi merupakan jenis Alergi yang sering dijumpai, terutama pada anak-anak. Mereka yang mengalami kondisi ini biasanya langsung menunjukkan reaksi Alergi setelah mengonsumsi susu sapi, seperti gatal-gatal, muntah, mengi, hingga masalah pencernaan.

Pada kasus yang lebih serius, alergi susu sapi bisa memicu syok anafilaksis yang berpotensi mengancam jiwa. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang alergi susu sapi.

Pengertian Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi adalah reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap protein dalam susu sapi atau produk olahannya. Gejala alergi ini biasanya muncul saat bayi berusia di bawah 6 bulan dan bisa membaik saat anak berusia sekitar 6 tahun.

Penting untuk membedakan antara alergi susu dan intoleransi laktosa. Alergi susu melibatkan sistem kekebalan tubuh, sementara intoleransi laktosa disebabkan oleh gangguan pencernaan yang membuat usus tidak bisa mencerna laktosa, dan kondisi ini tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Server Sempat Down, PPDB Jalur Zonasi Palembang Tetap Dilaksanakan Online

Penyebab Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi terjadi ketika sistem imun tubuh bereaksi berlebihan terhadap protein dalam susu sapi. Reaksi ini menyebabkan pelepasan histamin dan zat kimia lain yang memicu gejala alergi.

Penderita alergi susu sapi cenderung memiliki sensitivitas tinggi terhadap protein kasein dan whey dalam susu sapi. Kondisi ini sering dikaitkan dengan reaksi hipersensitivitas tipe 1 yang dimediasi oleh IgE, meski reaksi imunologis non-IgE juga bisa menjadi penyebab.

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko alergi susu sapi meliputi:

1. Sistem pencernaan bayi yang belum matang.

2. Riwayat alergi pada orang tua, seperti asma atau eksim.

3. Dermatitis atopik pada anak.

4. Riwayat alergi terhadap makanan atau minuman lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: