BPBD Sumsel Siap Antisipasi Karhutla di Kota Palembang

BPBD Sumsel Siap Antisipasi Karhutla di Kota Palembang

Menyikapi karhutla yang terjadi di wilayah Kota Palembang, BPBD Sumsel berusaha melakukan antisipasi agar tidak terulang kembali, Jumat (6/9/2024).-Ridho Ilahi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang telah terjadi di beberapa wilayah di Kota Palembang, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Selatan (BPBD Sumsel) berusaha mengantisipasi agar tidak terulang kembali.

Puncak musim kemarau hingga saat ini masih melanda wilayah Sumatera Selatan. Tak jarang beberapa wilayah mengalami kebakaran dikarenakan cuaca yang pegitu panas.

Akhir-akhir ini, kebakaran sering terjadi di kawasan Tanjung Barangan dan Alang-Alang Lebar yang diduga sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumsel Sudirman mengatakan, kebakaran yang terjadi di dua wilayah di Kota Palembang, seperti di Tanjung Barangan dan Alang-Alang Lebar, bisa diatasi oleh Damkar Kota Palembang bersama stakeholder terkait, yang sigap menerima dan menindaklanjuti informasi ketika terjadi kebakaran.

BACA JUGA:Warga Khawatir Sudah 4 Kali Kebakaran Lahan di Dekat Perumahan Citra Indah Residen Palembang

BACA JUGA:Waduh! ini Ke-3 Kalinya Lahan Kosong di Perumahan Citra Indah Residence Kembali Terbakar

"Di Tanjung Barangan akhir-akhir ini sering terjadi kebakaran hutan dan lahan. Terus ada lagi di Alang-Alang Lebar. Jadi, semua itu bisa diatasi oleh Damkar Kota Palembang bersama stakeholder terkait," ucap Kabid Penanganan Darurat BPBD Sumsel Sudirman.


Sudirman, Kabid Penanganan Darurat BPBD Sumsel, Jumat (6/9/2024).-Ridho Ilahi-PALTV

Lebih lanjut, untuk mencegah agar tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Palembang, BPBD Sumsel akan melakukan sosialisasi dan imbauan kepada Pemerintah Daerah untuk disampaikan kepada masyarakat.

"Kami akan lakukan sosialisasi dan imbauan kepada Pemerintah Daerah untuk disampaikan kepada masyarakatnya," tambah Sudirman.

Sudirman berharap kesadaran masyarakat bisa membantu mengurangi kebakaran hutan dan lahan agar tidak terjadi lagi di wilayah Kota Palembang.

BACA JUGA: Kebakaran Hebat di Perumahan Waduk PT. Inti Agro Makmur, Satu Karyawan Meninggal Dunia

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Kumpulkan PNBP Rp1,528 Miliar dari Layanan Kekayaan Intelektual

"Perlunya kesadaran masyarakat terhadap bahayanya karhutla agar kebakaran tidak terjadi lagi," pungkas Kabid Penanganan Darurat BPBD Sumsel Sudirman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv