Dinas Kominfo Kabupaten Musi Banyuasin Kembalikan Kerugian Negara Sebesar Rp3,55 Miliar

Dinas Kominfo Kabupaten Musi Banyuasin Kembalikan Kerugian Negara Sebesar Rp3,55 Miliar

Dinas Kominfo Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan pengembalian kerugian negara sebesar Rp3,55 Miliar, Senin (2/9/2024).-Ruzi Iskandar-PALTV

Sehingga akhinya, tutur Roy Riady, ada itikad baik dari pihak rekan untuk mengembalikan kelebihan bayar tersebut.

"Maka dengan dikembalikannya kerugian negara ini, saya selaku Kepala Kejari Muba memerintahkan menghentikan penyelidikan ini. Dan saya memberikan perintah kepada Kasi Datun selaku Pengacara Negara untuk menerbitkan Surat Kuasa dari saya supaya kerugian negara ini bisa disetorkan ke kas daerah melalui DPKAD," jelas Kajari Muba Roy Riady.

Jadi, lanjut Roy, kerugian terkait dengan temuan BPK hasil inspektorat sudah dikembalikan melalui jalur kuasa khusus Pengacara Negara dengan disetorkan ke kas daerah.

BACA JUGA: Jamin Keselamatan Berkendara! Begini Cara Jaga Rem Motor Agar Tetap Pakem

BACA JUGA:Mesin Motor Brebet? Jangan Panik, Atasi dengan Cara Ini


Pengembalian kerugian negara melalui jalur kuasa khusus Pengacara Negara dengan disetorkan ke kas daerah, Senin (2/9/2024).-Ruzi Iskandar-PALTV

"Jadi, Kejari Muba telah melakukan kegiatan penegakan hukum dengan beberapa variabel. Pertama, kami bisa melakukan dengan cara represif dan juga kita bisa melakukan dengan cara preventif. Dan itu semua merupakan penegakan hukum. Pada esensinya bagaimana cara negara ini tidak dirugikan," terang Roy Riady.

Sementara, Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi mengapresiasi tindakan yang telah dilakukan Kejari Muba.

Menurutnya, kegiatan ini telah memberikan dampak yang sanga positif untuk tata kelola pemerintahan daerah yang akuntabel dan transparan.

"Dengan dikembalikannya ini berarti adanya pemulihan atas kerugian negara yang selama ini tidak kita ketahui. Tentunya kami sangat mengapresiasi langkah dari Kajari Musi Banyuasin dan jajaran. Kami juga  berharap dengan kegiatan ini, ke depan tata kelola pemerintahan akan menjadi lebih baik lagi," ucap Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: