Konsumsi Buah Mulai Sekarang, Inilah 8 Manfaat Semangka untuk Kesehatan yang Tak Boleh Dilewatkan.

Konsumsi Buah Mulai Sekarang, Inilah 8 Manfaat Semangka untuk Kesehatan yang Tak Boleh Dilewatkan.

Konsumsi Buah Mulai Sekarang, Inilah 8 Manfaat Semangka untuk Kesehatan yang Tak Boleh Dilewatkan.--free pik.com

Dengan berbagai kandungan nutrisinya, ada sejumlah manfaat semangka untuk kesehatan yang tak boleh dilewatkan, mulai dari menjaga hidrasi tubuh hingga mengurangi risiko kanker. Berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Tanpa Izin, Ribuan Video Youtube Dilaporkan Dipakai Perusahaan Teknologi Besar Untuk Melatih AI

1. Menjaga Hidrasi Tubuh

Manfaat pertama semangka adalah membantu menjaga hidrasi tubuh. Semangka mengandung air yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat mengatur suhu tubuh, menjaga fungsi organ, mengirim nutrisi ke sel, dan mengurangi risiko dehidrasi.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Semangka juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan asam amino citrulline dalam semangka dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, yang membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan mempermudah kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:Mengapa Sekolah-sekolah PBB di Gaza Masih Menjadi Tempat Berlindung Meskipun Dibom Israel?

Selain itu, semangka kaya akan likopen yang membantu menjaga tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol, sehingga mengurangi risiko serangan jantung.

3. Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis dapat memicu berbagai penyakit. Semangka mengandung antioksidan seperti likopen dan vitamin C yang dapat mengurangi peradangan dan kerusakan sel akibat stres oksidatif. Likopen juga dikaitkan dengan perlambatan perkembangan penyakit Alzheimer, meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

4. Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang

Konsumsi semangka secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan sendi dan tulang. Semangka mengandung beta-cryptoxanthin yang dapat melindungi persendian dari peradangan. Selain itu, pengurangan peradangan dalam tubuh juga dapat mengurangi risiko penyakit tulang dan sendi, seperti osteoporosis dan rheumatoid arthritis.

BACA JUGA:Grand Opening Kantor Cabang Perwakilan KM 5 PT Southern of Sumatera Holiday Angkasa Wisata

5. Mengurangi Risiko Degenerasi Makula

Likopen dalam semangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Sebagai antioksidan dan antiinflamasi, likopen dapat menghambat perkembangan degenerasi makula, yaitu penurunan kemampuan penglihatan yang terkait usia. Penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat menurunkan kadar penanda inflamasi yang merusak sel-sel mata, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: