Timnas U-16 Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2024 dengan Kemenangan Telak atas Laos

Timnas U-16 Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2024 dengan Kemenangan Telak atas Laos

Timnas U-16 Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2024 dengan Kemenangan Telak atas Laos--ig.com/@timnas

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Timnas U-16 Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal Piala AFF U-16 2024 atau ASEAN U-16 Boys Championship 2024 setelah mengalahkan Laos di laga terakhir Grup A, Kamis, 27 Juni 2024. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan Solo ini berakhir dengan skor telak 6-1 untuk kemenangan Indonesia.

Pada menit ketujuh, gawang Indonesia kebobolan lebih dulu melalui tendangan penalti Phayak Siphanom. Namun, tim asuhan Nova Arianto mampu membalikkan keadaan dengan cepat.

Mereka mencetak empat gol di babak pertama melalui Muhamad Zahaby Gloly, gol bunuh diri dari Sayyavath, serta gol dari Josh Holong Junior dan I Putu Panji Apriawan.

Di babak kedua, Josh Holong Junior kembali mencetak gol setelah mendapatkan assist dari Daniel Alfrido. Mochammad Mierza Firjatullah kemudian menambahkan gol keenam untuk Indonesia memanfaatkan umpan dari Josh. Skor 6-1 ini bertahan hingga pertandingan berakhir.

BACA JUGA:Mengapa Motor Matic 125 CC Dianggap Gagal? Temukan Jawabannya di Sini!

Dengan hasil ini, Indonesia keluar sebagai juara Grup A dengan mengoleksi sembilan poin. Pada dua laga sebelumnya, Garuda Muda juga meraih kemenangan atas Singapura dan Filipina, masing-masing dengan skor 3-0.

Sementara itu, Laos yang mengumpulkan enam poin harus puas menempati posisi runner-up. Meski demikian, mereka masih berpeluang lolos ke semifinal sebagai tim peringkat kedua terbaik, namun kepastiannya baru akan ditentukan setelah hasil pertandingan di dua grup lainnya selesai.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Pada menit-menit awal, Laos bermain agresif dan berhasil unggul lebih dulu melalui tendangan penalti Phayak Siphanom. Bola sepakannya yang mengarah ke sudut kanan gawang tak mampu dihalau oleh kiper Indonesia.

BACA JUGA:Kanada Pertimbangkan Pembatasan Mobil Listrik China Demi Lindungi Industri Otomotif Dalam Negeri

Pelanggaran terjadi saat Sayyavath Vansavath dilanggar di dalam kotak penalti, sehingga wasit menunjuk titik putih dan Phayak Siphanom memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik.

Setelah kebobolan, tim Indonesia yang dipimpin oleh Nova Arianto meningkatkan intensitas serangannya. Melalui penyerang sayap Mathew Ryan Baker dan rekan-rekannya terus berupaya untuk menciptakan peluang gol.

Pada menit ke-24, peluang emas didapat saat Indonesia mendapatkan hadiah penalti karena Muhamad Zahaby Gloly dijatuhkan di kotak penalti. Gloly yang mengambil sendiri eksekusi penalti berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan tenangan yang mengarah ke kanan gawang.

Enam menit kemudian, Garuda Muda berbalik unggul 2-1 melalui gol bunuh diri pemain Laos, Sayyavath, yang menyundul bola tendangan sudut dari Tristan Raissa Ibrahim ke gawang sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber