Usai Menang Atas Timnas Filipina, Pelatih Timnas U-16 Ubah Formasi Dan Taktik Jelang Laga Terakhir

Usai Menang Atas Timnas Filipina, Pelatih Timnas U-16 Ubah Formasi Dan Taktik Jelang Laga Terakhir

Pelatih Timnas U-16 Ubah Formasi Dan Taktik--Foto : Ig/timnas.indonesia

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Timnas U-16 Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Filipina dengan skor 3-0 dalam laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2024, yang sekarang dikenal sebagai ASEAN U-16 Boys Championship.

Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Senin malam, 24 Juni 2024. Namun, hasil dalam pertandingan ini tentunya tidak diraih dengan mudah.

Babak pertama pertandingan berjalan cukup alot. Pertahanan Filipina yang solid membuat Putu Panji dan kawan-kawan kesulitan mencetak gol. Akibatnya, tidak ada gol yang tercipta dalam 45 menit babak pertama. Skor pun bertahan 0-0 hingga jeda turun minum.

Usai Memasuki babak kedua pertandingan, pelatih kepala Timnas U-16 Indonesia, coach Nova Arianto, merombak total semua taktik dan formasi yang dimainkan di babak pertama. Ia pun mengubah formasi dari 4-4-2 menjadi 3-4-3. Tiga pemain pengganti dimasukkan, yaitu Nazriel Alfaro Syahdan, Muhamad Mierza Firjatullah, dan Daniel Alfrido.

BACA JUGA: Mempererat Tali Silaturahmi, PSM UIN Gelar Turnamen Futsal Tahunan

Nova kemudian memasukkan Zahaby Gholy. Pergantian pemain ini terbukti menjadi langkah yang tepat. Gol yang ditunggu-tunggu pun akhirnya tercipta pada menit ke-65 lewat Evandra Florasta.

Kemudian, pemain timnas lainnya Mierza pun tak mau ketinggalan untuk membuat namanya di papan skor, ia pun berhasil memboyong dua gol sekaligus yaitu pada menit ke-70 dan 90+1, dengan dua gol tambahan ini membuat timnas Indonesia memperbesar keunggulan sekaligus membawa timnas U-16 menang di laga tersebut.

"Perubahan formasi dan taktik tersebut adalah salah satu cara kami untuk berupaya membongkar pertahanan Filipina yang solid," ungkap pelatih timnas U-16 Nova dalam konferensi pers di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, seusai pertandingan.

Nova, yang juga merupakan asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior, merasa bersyukur karena para pemain memiliki fisik yang lebih baik dibandingkan pemain Filipina. Menurutnya, kondisi fisik yang lebih baik menjadi kekuatan utama yang membantu mereka mengalahkan Filipina di Piala AFF U-16 2024.

BACA JUGA:Real Madrid Tetap Melepas Arda Guler Meski Tampil Impresif di Euro 2024

Usai memenangi laga atas Timnas Filipina dengan skor telak 3-0, pelatih Timnas U-16 Indonesia Nova Arianto pun kini melanjutkan dan menjalani latihan bersama para pemain menjelang laga terakhir melawan Laos di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2024.

Pertandingan ini akan digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Kamis, 27 Juni 2024. Laga ini akan menjadi penentu tim yang berhak menduduki puncak klasemen Grup A.

Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, berfokus pada aspek taktik untuk mempersiapkan timnya menghadapi Laos. "Kalau persiapan seperti biasa ya. Setelah kita melihat video dari timnas Laos juga saat bertanding melawan timnas singapura, jadi kami akan berfokus ke taktikal. Bagaimana kami khusunya para pemain akan menghadapi Laos, tentunya bagaimana harus bertahan, hingga menyerang, itu yang akan kami lakukan dan kami persiapkan nantinya," ujar Nova saat ditemui awak media menjelang latihan timnas U-16 di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Mengenai komposisi pemain yang akan digunakan dalam pertandingan, Nova menyatakan bahwa pihaknya masih akan melihat kondisi terakhir para pemain menjelang laga. Namun, ia akan memastikan semua para pemain Timnas U-16 Indonesia dalam kondisi siap tempur saat bersua dengan timnas Laos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber