Danau Loktak di India, Danau Terapung satu-satunya di Dunia

Danau Loktak di India, Danau Terapung satu-satunya di Dunia

Danau Loktak di India, jadi satu satunya danau yang terapung di dunia.--istockphoto.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Danau Loktak merupakan salah satu Danau air tawar terbesar di India Timur Laut dan juga dikatakan sebagai satu-satunya Danau terapung di dunia. Hal ini disebabkan banyaknya phumdi (rangkaian pulau terapung) di permukaan Danau

Danau Loktak tepat berlokasi di Provinsi Manipur India yang merupakan berbatasan dengan Myanmar, dari Kalkuta jaraknya 1 jam penerbangan.

Tidak seperti kebanyakan danau yang hanya berisi air, Loktak berisi pulau-pulau kecil dengan tanaman keras yang dapat bergerak mengikuti musim. 

Gugusan pulau kecil ini terlihat seperti cincin. Bagian tengah memiliki permukaan yang lebih dalam daripada bagian tepinya.

BACA JUGA:Catat! Fungsi dan Kegunaannya. Aplikasi Dari Google Ini Dapat Membantu Pekerjaan Anda

BACA JUGA:MLBB: Hero-hero Jungler yang Cocok Dirasuki Ultimate Angela!

Pada musim kemarau dan saat air danau di Phumdi surut, akar tanaman mencapai dasar danau untuk menyerap nutrisi. Saat musim hujan dan saat air meluap, akarnya terpotong sehingga phumdi mengapung kembali. 

Phumds adalah kumpulan vegetasi, tanah, dan bahan organik yang heterogen dalam berbagai keadaan dekomposisi, terkondensasi menjadi keadaan padat. Mereka menutupi sebagian besar permukaan danau. Massa Phumdi individu terbesar berada di bagian tenggara danau, seluas hingga 40 kilometer persegi. 

Massa ini adalah phumdi terbesar di dunia dan satu-satunya taman terapung yang disebut Taman Nasional Keibul-Lamjao. Danau purba ini juga berperan penting dalam perekonomian Manipur. Sebab Loktak bermanfaat sebagai irigasi, penyediaan air minum, dan sumber air untuk pembangkit listrik tenaga air.

Danau ini juga merupakan salah satu mata pencaharian nelayan pedesaan dan Phumdi, juga dikenal sebagai Phumshongs, yang tinggal di daerah tersebut. Penduduk setempat membangun gubuk, tempat memancing, dan tempat lain di Phumdi untuk mendapatkan uang. Penduduk desa membangun keramba bundar untuk budidaya ikan di Phumdi. Anda dapat melihat tata letak pada gambar di bawah ini. Hampir 100.000 orang bergantung pada danau air tawar ini untuk penghidupan mereka. 

BACA JUGA:Istilah Penting Yang Wajib Kamu Ketahui Jika Kamu Penyuka Budaya Jepang

BACA JUGA:5 Kampung Janda yang Ada di Indonesia, Bikin Para Lelaki Ogah Pulang

Danau Loktak mempunyai keanekaragaman hayati yang kaya dengan 233 spesies tumbuhan air. Danau ini adalah rumah bagi lebih dari seratus spesies burung dan 425 spesies hewan, termasuk hewan langka seperti python India, sambar, dan jack gunung.

Dan juga dikenal sebagai rusa Mastreani, Muntjac yang merupakan rusa kecil dalam genus Muntiacus, sedangkan Sambar adalah rusa besar asli India dan Asia Tenggara.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber