Informasi Lebih Lanjut Tentang Berapa Biaya Perjalanan Memakai Mobil Pribadi

 Informasi Lebih Lanjut Tentang Berapa Biaya Perjalanan Memakai Mobil Pribadi

Informasi Lebih Lanjut Tentang Berapa Biaya Perjalanan Memakai Mobil Pribadi-freepik-freepik

- Biaya tol: Rp65.000;

- Dana cadangan: Rp500.000;

Jadi, kurang lebih biaya mudik pakai mobil pribadi yaitu sekira Rp952.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya perawatan mobil sebelum keberangkatan.

Tips Hemat Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi

Agar perjalanan mudik bisa lebih hemat, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Adapun tipsnya yaitu sebagai berikut:

1. Pilih Rute Paling Efisien

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya kamu sudah merencanakan rute perjalanan yang akan ditempuh. Hindari jalur yang berpotensi macet agar perjalanan lebih efisien. Bila memungkinkan, kamu bisa memilih rute alternatif yang sedikit lebih jauh tapi terhindar dari macet. 

Dalam hal ini, kamu bisa mengandalkan aplikasi navigasi agar dapat menemukan rute yang lebih efisien. Hal ini perlu dipertimbangkan karena dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar kendaraan.

2. Pilih BBM yang Sesuai

Pemilihan BBM yang sesuai dengan kebutuhan mobil sangat penting dilakukan. Disarankan memilih jenis BBM dengan oktan sesuai rekomendasi dari perusahaan mobil. 

Hindari menggunakan BBM dengan kandungan oktan lebih tinggi dari rekomendasi, karena bisa menyebabkan kinerja mesin lebih keras dan boros bahan bakar. Tentunya ini bisa membuat biaya mudik dengan mobil pribadi menjadi bengkak.


Informasi Lebih Lanjut Tentang Berapa Biaya Perjalanan Memakai Mobil Pribadi-freepik-freepik

3. Matikan AC saat Mobil Berhenti

Ketika beristirahat di rest area, sebaiknya matikan mesin mobil dan AC. Pasalnya, menghidupkan mesin dan AC dapat menyedot bahan bakar. Jadi, agar lebih hemat kamu bisa mematikannya ketika beristirahat.

Selain itu, sebaiknya tidak menghidupkan AC dengan suhu yang terlalu rendah. Hal ini dapat menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras sehingga menguras bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: