Informasi Lebih Lanjut Tentang Berapa Biaya Perjalanan Memakai Mobil Pribadi

 Informasi Lebih Lanjut Tentang Berapa Biaya Perjalanan Memakai Mobil Pribadi

Informasi Lebih Lanjut Tentang Berapa Biaya Perjalanan Memakai Mobil Pribadi-freepik-freepik

4. Anggaran dan Uang Tunai

Selain aturan, biaya lain yang perlu diperhatikan saat pulang kampung dengan kendaraan pribadi adalah tarif dan besaran uang perjalanan Anda. Misalnya, Anda bisa membeli makanan ringan saat bepergian, membayar pajak dengan kartu elektronik, dan masih banyak lagi.

Anda harus memiliki saldo listrik yang cukup agar tidak terjebak di pintu tol dalam waktu lama. Dengan cara ini, perjalanan Anda akan lebih damai.

BACA JUGA:Yuk Amakan ! Amalan-Amalan Ini Bisa Memberi Syafaat di Hari Kiamat Kelak, Nomor 4 Sungguh Luar Biasa Balasanya

5. Perhatikan batasan beban.

Agar aman dalam perjalanan pulang, jangan membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas kendaraan Anda. Jangan memuat terlalu banyak barang di atap kendaraan Anda karena akan membahayakan perjalanan Anda.

Selain itu, pastikan barang bawaan Anda tidak menghalangi saat mengemudikan kendaraan. Tata barang-barang yang ingin Anda bawa dengan menggunakan tas yang terorganisir dan tata barang-barang secara ergonomis agar Anda mudah mengaksesnya saat memilikinya.

Estimasi Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi

Untuk mudik, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat digunakan, seperti mobil umum, kereta, pesawat, atau mobil pribadi. Untuk mengetahui estimasi biaya mudik, kamu perlu membuat rinciannya terlebih dahulu. Mulai dari biaya bahan bakar, konsumsi, biaya tol, biaya perawatan mobil.

Misalnya, untuk harga bahan bakar Pertalite saat ini yaitu Rp10.000 per liter dan Pertamax yaitu sekitar Rp12.950 per liter. Umumnya, bahan bakar yang dibutuhkan untuk menempuh 10 km yaitu sekitar 1 liter. Bila jarak yang akan ditempuh sekira 160 km, maka bisa estimasi biaya bahan bakarnya yaitu sekira Rp160.000. 

Untuk biaya tol, misalnya kamu akan melalui ruas jalan tol Jakarta Ic - Dawuan - Padalarang - Kopo. Maka, estimasi biayanya yaitu sekira Rp65.000. Jangan lupa perhitungkan biaya konsumsi selama perjalanan, estimasi Rp30.000 per orang sekali makan (kalikan dengan jumlah orang dalam mobil). 


Informasi Lebih Lanjut Tentang Berapa Biaya Perjalanan Memakai Mobil Pribadi-freepik-freepik

Bila dihitung-hitung, rincian biaya mudik Jakarta-Bandung kurang lebih akan seperti ini:

- Bahan bakar: Rp160.000;

- Konsumsi dan camilan: Rp200.000;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: