SIM C-Shot Mahal? Simak Penjelasan Resmi Biaya Pembuatannya

 SIM C-Shot Mahal? Simak Penjelasan Resmi Biaya Pembuatannya

SIM C-Shot Mahal? Simak Penjelasan Resmi Biaya Pembuatannya--Foto: Instagram@Instagram@ toko carinn

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Harga ledakan SIM C 2021 bakal naik beberapa kali lipat dari harga resminya. Bahkan, Anda bisa lebih berhemat dengan membeli SIM C melalui jalur resmi.

"SIM Tembak" adalah istilah yang digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk membuat Surat Izin Mengemudi atau mendapatkan Surat Izin Mengemudi melalui distributor.

Dengan janji pemrosesan yang lebih cepat dengan memperpendek jalur pemrosesan, pedagang menawarkan layanan pemrosesan dokumen. Mereka melakukan ini dengan mengklaim bahwa mereka mengenal “orang dalam”.

Untuk mendapatkan hadiah, bersiaplah merogoh kocek lebih dalam. Soalnya, menurut penelusuran Mobi123.com, harga kamera SIM C 2021 seratus persen lebih mahal.

Bicara proses pembuatan SIM melalui jalur resmi, langkah-langkahnya saat ini sebenarnya telah dipangkas oleh kepolisian dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas Peraturan Daerah, Kanwil Kemenkumham Sumsel Adakan Bimtek

Pembuatan SIM baru sekarang mengombinasikan antara online-offline (daring-luring), sementara perpanjangan SIM malah bisa dilakukan secara online dari awal hingga akhir.

Cara ini diharapkan dapat mengurangi ruang gerak para calo. Selain itu, di tengah pandemi Covid-19, potensi terjadinya kerumunan bisa pula diminimalisir.

Nah, kali ini kami akan menjabarkan perbandingan harga pembuatan SIM nembak dengan yang resmi, termasuk tentunya untuk SIM C. Diterangkan pula jenis-jenis SIM yang berlaku di Indonesia menurut aturan terkini, pun syarat serta proses pembuatan SIM dari awal hingga selesai.

Aturan Baru Penggolongan SIM

Regulasi mengenai jenis-jenis SIM di Tanah Air telah diatur dalam Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021. Salah satu revisi yang sempat menjadi perhatian masyarakat adalah penggolongan SIM C yang kini dibagi menjadi tiga jenis.

Dahulu, SIM untuk sepeda motor hanya ada satu yakni SIM C dan berlaku untuk semua jenis motor, mulai dari yang bermesin kecil sampai besar.


SIM C-Shot Mahal? Simak Penjelasan Resmi Biaya Pembuatannya--foto: Instagram@ mingguan otomotif

Penggolongan SIM C dijadwalkan berlaku sebentar lagi, mulai Agustus 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber