Makin Keren! Teknologi AI merambah ke dunia Seni Rupa

Makin Keren! Teknologi AI merambah ke dunia Seni Rupa

Ilustrasi karya senirupa berbasis AI.--instagram/@museumweek

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Belakangan ini teknologi Artificial Intelligence atau disingkat AI semakin ramai diperbincangkan. Teknologi kecerdasan buatan ini, sengaja dirancang untuk dapat meniru dan dapat melaksanakan berbagai tugas manusia.

AI mencakup berbagai teknik dan metode, termasuk pemrosesan bahasa alami, pembelajaran mesin, pengenal pola, dan logika yang cerdas.

Namun, dengan hadirnya AI menciptakan kekhawatiran bagi manusia, karena dirasa memiliki jangkauan yang lebih mudah namun menghasilkan pekerjaan yang tidak kalah bahkan lebih baik dari ciptaan manusia.

Tetapi, kekhawatiran ini, mau tidak mau membuat manusia itu sendiri yang harus berinovasi dan memahami cara bekerja sama dengan teknologi tersebut.

BACA JUGA:3 Tips GG Menggunakan Hero Franco, Hook Auto Kena!

BACA JUGA:10 Jaksa di Sumsel Dijatuhi Hukuman oleh Kejati Sumsel, 1 Jaksa Bikin ‘Wow’

Yang saat ini menarik dan viral ditengah masyarakat adalah Kecerdasan Buatan ini juga masuk ke ranah seni, salah satunya seni rupa dan desain.Seni rupa dan desain yang tadinya diciptakan murni dari hasil tangan manusia atau seniman.

Seni rupa yang masih menggunakan metode tradisional tersebut perlahan tergantikan oleh AI yang merupakan teknologi buatan dengan menggunakan aplikasi.

Salah satu aplikasi yang ramai diperbincangkan adalah Midjourney yang menggunakan teknologi deep learning yang dapat menghasilkan kreativitas yang cukup baik. Teknologi AI yang digunakan pada aplikasi ini adalah sebagai sebuah pengantar dan pencipta dari ide manusia.

Tanpa perlu basic pengetahuan teknik seni dan desain, aplikasi ini tetap dapat menghasilkan karya seni dari hanya sekedar ide berupa tulisan dan gambar. Saat data perintah dimasukkan, AI akan menganalisis dan setelahnya akan menghasilkan sebuah karya atau gambar yang baru.

BACA JUGA:Ada Wajib Tahu..!! Berikut Adalah Situs Web dan Platform yang Dapat Memperingan Pekerjaan yang Banyak Dipakai

BACA JUGA:Aneh Tak Masuk Akal, Rumah- Rumah Dibangun di Lokasi Berbahaya

Penggunaan AI dalam dunia seni juga sering digunakan sebagai kreativitas sederhana saja. Seperti yang sudah banyak tersebar di Internet, hasil dari karya AI  dalam dunia seni rupa dan desain tertuang dalam improvisasi karya seni menjadi sebuah ide yang bar dan unik.

Salah satunya adalah karya dari seniman klasik Vincent Van Gogh yang berjudul ”Starry Night” dan karya Leonardo Da Vinci yang berjudul ”Monalisa”. Beragam ide dari manusia mengubah bentuk dari karya tersebut diangggap menjadi lebih unik.

Jason M. Allen yanng merupakan salah satu seniman yang sudah menggunakan teknologi tersebut untuk berkarya. Jason sendiri telah membuat karya yang memenangi kompetisi seni tahunan Colorado State Fair dengan hasil karya ciptaan teknologi AI.

Karyanya yang berjudul ”Jason M. Allen via Midjourney” telah menjadi karya AI pertama yang memenangi kompetisi seni tersebut. Itulah mengapa Midjourney dan beberapa aplikasi lainnya seperti Dall-E dan Stable Diffusion ini dianggap berhasil mengambil bangku di dunia seni rupa dan desain

BACA JUGA:Kompak Menasional : Pemuda Pagaralam Suarakan Kemajuan Lewat Festival Pemuda Besemah Jilid II

BACA JUGA:Rahasia Tersembunyi! Tips Super Mudah untuk Memperbaiki Kacamata Rusak dengan Biaya Minim

Kehadiran Artificial Intelligence ini mampu menjadi sebuah hal baru yang menarik khususnya pada dunia seni rupa dan desain. Kehebatannya dalam membantu seniman menyalurkan idenya, yang langsung menjadikannya dalam bentuk visual semakin memudahkan seniman dalam berinovasi. Sehingga, beradaptasinya seni rupa dan desain dengan AI tidak jauh juga dari kerja sama seniman dan teknologi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber