Kompak Menasional : Pemuda Pagaralam Suarakan Kemajuan Lewat Festival Pemuda Besemah Jilid II

Kompak Menasional : Pemuda Pagaralam Suarakan Kemajuan Lewat Festival Pemuda Besemah Jilid II

Festival Basemah II, digelar untuk mempublikasikan budaya Basemah ke kancah nasional.--foto pribadi

PAGAR ALAM, PALTV.CO.ID - Inisiasi pemuda kota Pagar Alam secara independen mengelar kegiatan bertajuk Festival pemuda Besemah Jilid 2 bertempat di Balai kota Pagar Alam, Sumatera Selatan pada 2 sampai 3 Juni lalu.

Pemuda Pagaralam siap memajukan Pagaralam, ke kancah nasional. Salah satunya, publikasi budaya basemah. Untuk kemajuan Pagaralam, terutama di kancan nasional.

Tahun ini adalah kali kedua kegiatan ini diselengarakan. Tujuannya tentu saja, menggelorakan kembali semangat Basemah. Setelah sebelumnya perdana dilangsungkan pada tahun 2021. Tentunya dengan slogan yang serupa dengan gelaran sebelumnya, ‘’Berkemajuan Tanpa Meninggalkan Kebudayaan’’.

Sebelumnya, pada Festival Pemuda Besemah Jilid 1 yang agenda acaranya Pagelaran Seni, Pameran, dan Seminar Nasional.

BACA JUGA:Dampak Terburuk Anak-Anak yang Terlibat dalam Tawuran. Ini Konsekuensi yang Mengkhawatirkan!

BACA JUGA:Rahasia Tersembunyi! Tips Super Mudah untuk Memperbaiki Kacamata Rusak dengan Biaya Minim

Sementara, pada Festival Pemuda Besemah Jilid 2 ini kita adakan kompetisi unjuk bakat ‘Bekepacakan Au’ dan Seminar Nasional.” Kata Arif Gunarto selaku ketua pelaksana dalam sambutannya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Pagar Alam yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setdako Pagar Alam, Dahnial Nasution. Turut dihadiri pula oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kota Pagar Alam, Bastian dan Kepala Satuan Pamong Praja (Sat- Pol PP) kota Pagar Alam, Mastullah.

Dalam sambutannya, Asisten I mengatakan kalau kegiatan semacam ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pemuda di kota Pagar Alam.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, pada hari pertama digelar kompetisi unjuk bakat bertajuk “Bekepacakan Au” yang diikuti oleh 25 talenta terdiri dari solois dan grup. Adapun dewan juri merupakan tiga orang penggiat seni lokal yang mumpuni yaitu Indra Jaya Kesuma, Ikhsan Xaverio, dan Luthfi Muharram.

BACA JUGA:NCT Dream Comeback Full Album dengan Single “Broken Melodies” Juli mendatang

BACA JUGA:Alasan Mengapa Anda Tidak Sebaiknya Mencabut Bulu Hidung Anda

Kemudian pada 3 Juni digelar Seminar Nasional yang dipandu oleh Dewi Marta selaku moderator menghadirkan Gadis Inspriratif berdarah Pagar Alam, Wafiq Febri Erlianti Safitri. Seminar Nasional berisikan materi yang selaras dengan tema yaitu Pendidikan, Organisasi, dan Job Fair. Pada hari kedua ini juga pemenang pada kompetisi hari sebelumnya diumumkan.

Diketahui Wafiq merupakan penerima besiswa penuh pemerintah sejak duduk di bangku SMA hingga S2. Segudang pengalaman dan prestasi di kancah Nasional ditorehkan yang membawa marwah kota Pagar Alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber