Beberuk Terung Khas Lombok, Sambal Unik Berisi Sayuran

Beberuk Terung Khas Lombok, Sambal Unik Berisi Sayuran

Beberuk Terung Khas Lombok, Sambal Unik Berisi Sayuran--ig.com/@rika_amani

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Beberuk terung adalah sambal khas dari Lombok yang sering menjadi teman makan ayam taliwang, hidangan terkenal lainnya dari daerah tersebut.

Beberuk terung tampak seperti lalapan biasa yang dipotong-potong dan dicampur dengan sambal uleg. Yang membuatnya istimewa adalah perpaduan bumbu dan sayurannya.

Beberapa bahan utama dalam sambal beberuk terung meliputi cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan kencur, yang memberikan cita rasa pedas dan harum yang khas.

Di berbagai daerah ada berbagai macam hidangan pendamping seperti urap, acar dan masih banyak yang lainnya. Di Lombok, ada hidangan pendamping yang khas dan unik, yaitu beberuk terung.

BACA JUGA:Bò Lúc Lac ?c: Rahasia Kelezatan Daging Sapi Goyang Vietnam di Dapur Anda

Resep dan Cara Membuat Beberuk Terung

Untuk Anda yang penasaran dan ingin mencoba membuat beberuk terung di rumah, berikut adalah resep dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan: 10 batang kacang panjang, potong sepanjang 2 cm, 3 buah terung ungu bulat, 1 buah tomat, 1 buah jeruk limau, 1 sendok makan minyak goreng.

Bumbu halus: 2 buah cabai rawit, 3 buah cabai merah keriting, 4 buah bawang merah, 1 siung bawang putih, 1 sendok teh terasi bakar.

BACA JUGA:Petinju Gahar Nate Diaz Pilih Ford Raptor F-150 sebagai Favoritnya, Ini Spesifikasi Mobil Off-Road Ford

1 sendok teh gula pasir, 1 cm kencur, 1/2 sendok teh garam

Langkah-langkah Pembuatan:

Potong terung ungu menjadi bentuk dadu atau sesuai selera Anda, Potong tomat menjadi 8 bagian, Letakkan potongan terung, tomat, dan kacang panjang di atas piring saji.

Pembuatan Sambal:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber