10 Tanda-Tanda Mobil Bekas Banjir, Langsung Terlihat dalam Sekejap

10 Tanda-Tanda Mobil Bekas Banjir, Langsung Terlihat dalam Sekejap

10 Tanda-Tanda Mobil Bekas Banjir, Langsung Terlihat dalam Sekejap--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Mencari mobil bekas adalah impian bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas. Namun, ada satu hal penting yang perlu diwaspadai saat mencari mobil bekas, yakni memastikan bahwa mobil bekas yang akan dibeli bukanlah mobil yang pernah terendam banjir.

Disini akan dijelaskan ciri-ciri mobil yang pernah terendam banjir. Pilihan untuk membeli mobil bekas memang seringkali lebih terjangkau, tetapi penting untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut tidak memiliki riwayat kerusakan akibat banjir.

Meskipun mobil bekas tersebut mungkin telah dibersihkan secara menyeluruh, mobil yang pernah terendam banjir sering kali tidak bisa sepenuhnya dibersihkan dari sisa-sisa kerusakan.

Sisa lumpur atau jejak jamur masih mungkin ditemukan di bagian dalam dan luar mobil. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi apakah sebuah mobil bekas pernah terkena banjir, bahkan oleh orang yang tidak ahli dalam bidang otomotif.

BACA JUGA:LIga Champions 2023-2024 Kukuhkan RealMadrid Sebagai Juara

Dalam artikel ini, kami akan merangkum beberapa tanda yang bisa membantu Anda mengenali mobil bekas yang pernah terendam banjir.

1. Periksa Asal Usul Mobil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa asal lokasi mobil bekas sebelum membelinya. Anda dapat menggali informasi dari STNK untuk melihat alamat pemilik sebelumnya, apakah tinggal di daerah rawan banjir atau tidak.

Memang tidak semua mobil di daerah rawan banjir pasti terendam, tetapi ini bisa menjadi pertimbangan penting. Selain itu, beberapa kota seperti Semarang, Bandung, Surabaya, dan kota lainnya terkenal sering menjual mobil bekas yang pernah terendam banjir.

BACA JUGA:Potongan Gaji 3% untuk Driver Ojol Setiap Bulan? Ini Kata BP Tapera

2. Bau Tidak Sedap

Salah satu tanda mobil bekas yang pernah terendam banjir adalah bau tidak sedap di dalam kabin. Jika tercium bau apek atau bau menyengat dari penggunaan pengharum kabin yang berlebihan, ini bisa menjadi indikasi bahwa mobil tersebut pernah terkena banjir. Bau tidak sedap ini sulit dihilangkan meskipun mobil sudah dibersihkan secara menyeluruh.

3. Periksa Interior Mobil

Langkah berikutnya adalah memeriksa komponen interior mobil, termasuk bagian bagasi dan di bawah karpet. Daerah ini seringkali jarang dibersihkan oleh pemilik mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber