Cara Mendongkrak Mobil yang Benar, Kesalahan dalam Pemasangan Dapat Membuat Mobil Ambruk

Cara Mendongkrak Mobil yang Benar, Kesalahan dalam Pemasangan Dapat Membuat Mobil Ambruk

Cara Mendongkrak Mobil yang Benar, Kesalahan dalam Pemasangan Dapat Membuat Mobil Ambruk--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pemahaman tentang cara mendongkrak mobil yang benar sangat penting untuk dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan. Kesalahan dalam memasang dongkrak tidak hanya dapat merusak mobil tetapi juga berpotensi menimbulkan bahaya serius.

Sering kali, pemilik mobil perlu mendongkrak kendaraan mereka untuk mengganti ban atau memeriksa bagian bawah mobil. Namun, bagi mereka yang baru memiliki mobil, menentukan posisi tumpuan dongkrak yang tepat bisa membingungkan.

 

Pentingnya Mendongkrak Mobil dengan Benar

Pemasangan dongkrak yang tidak tepat bisa berbahaya dan berpotensi menyebabkan mobil ambruk atau rusak. Meskipun mendongkrak mobil tampak sebagai tugas sederhana, tidak banyak orang yang melakukannya secara rutin.

BACA JUGA:Subsidi Jokowi Dongkrak Penjualan Mobil Listrik Wuling Binguo EV

Menggunakan dongkrak sebenarnya mudah, tetapi jika tidak digunakan dengan benar, bisa membahayakan keselamatan. Pabrikan mobil biasanya merancang dongkrak agar penggunaannya semudah mungkin.

Saat Anda mendongkrak mobil, penting untuk tetap tenang dan tidak terburu-buru. Kepanikan hanya akan memperburuk situasi. Umumnya, pabrikan menyertakan dongkrak dalam kendaraan yang ditempatkan di lokasi mudah dijangkau.

Lokasi penyimpanannya bisa bervariasi, misalnya di bawah kursi penumpang depan pada mobil MPV atau di bagasi bersama dengan ban serep pada mobil sedan atau city car. Namun, karena lokasinya yang tersembunyi, pemilik mobil kadang kesulitan menemukannya.

 

Jenis-jenis Dongkrak Mobil

Secara umum, dongkrak mobil terbagi menjadi dua jenis utama: mekanis dan hidraulis. Dongkrak mekanis, yang sering disebut dongkrak gunting, menggunakan mekanisme drat seperti baut untuk menaikkan kendaraan.

BACA JUGA:Spanyol Menang Besar Lawan Siprus Tapi Tak Mendongkrak Klasemen Grup A dari Skotlandia

Dongkrak jenis ini membutuhkan lebih banyak tenaga untuk dioperasikan, namun bentuknya yang ringkas dan bobotnya yang ringan membuatnya praktis untuk disimpan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber