Cara Mendongkrak Mobil yang Benar, Kesalahan dalam Pemasangan Dapat Membuat Mobil Ambruk

Cara Mendongkrak Mobil yang Benar, Kesalahan dalam Pemasangan Dapat Membuat Mobil Ambruk

Cara Mendongkrak Mobil yang Benar, Kesalahan dalam Pemasangan Dapat Membuat Mobil Ambruk--Foto : Freepik.com

Di sisi lain, dongkrak hidraulis bekerja berdasarkan sistem fluida untuk memberikan tekanan. Jenis ini terbagi lagi menjadi dongkrak botol dan dongkrak buaya. Dongkrak buaya, meskipun lebih berat dan besar, menawarkan performa keseluruhan yang lebih baik. Namun, ukurannya yang besar membuatnya kurang praktis untuk disimpan di bagasi.

 

Titik Tumpuan Saat Mendongkrak Mobil

Menentukan titik tumpuan yang tepat saat mendongkrak mobil sering kali membingungkan bagi banyak orang. Kesalahan dalam menentukan titik tumpuan dapat menyebabkan kerusakan pada bodi atau sasis mobil karena tidak mampu menahan beban.

BACA JUGA:Makanan Pendongkrak Libido, Kambing Termasukkah?

Mendongkrak mobil merupakan pekerjaan yang cukup berbahaya jika tidak dilakukan dengan hati-hati, mengingat bobot kendaraan yang bisa lebih dari satu ton.

Dongkrak dirancang hanya untuk menaikkan kendaraan, sehingga tidak disarankan untuk menahan beban dalam waktu lama dengan menggunakan dongkrak. Jika Anda memerlukan waktu lama untuk perbaikan, gunakan Jack Stand sebagai penahan beban setelah kendaraan diangkat oleh dongkrak.

Setiap mobil memiliki titik tertentu yang dirancang sebagai tumpuan terkuat untuk menopang beban. Titik tumpuan ini biasanya tidak terlalu jauh dari tepi kendaraan. Informasi mengenai posisi titik tumpuan dongkrak bisa ditemukan di buku manual kendaraan.

Pada mobil sedan, terdapat empat titik angkat (lifting point). Di bagian depan, titik angkat berada di sasis tepat di belakang roda depan, sedangkan di bagian belakang, titik angkat terletak di sasis depan roda belakang.

BACA JUGA:Video: Plaza 16 Ilir Dongkrak Kuliner Waroeng Apung

Untuk mobil dengan sasis tangga (ladder frame), seperti kebanyakan mobil konvensional, dongkrak dapat ditempatkan di lower arm atau tulang sasis. Ciri khas dari tumpuan dongkrak ini adalah bentuknya yang sesuai dengan dongkrak bawaan mobil, biasanya berupa tonjolan berbentuk persegi atau cekungan.

Pemahaman yang benar mengenai cara mendongkrak mobil sangat penting untuk menghindari kerusakan dan potensi bahaya. Setiap pemilik mobil sebaiknya mengetahui jenis dongkrak yang digunakan serta titik tumpuan yang tepat pada kendaraan mereka.

Selalu ikuti petunjuk dari buku manual dan gunakan peralatan dengan hati-hati untuk memastikan keselamatan dan mencegah kerusakan pada mobil Anda. Dengan pengetahuan dan tindakan yang tepat, mendongkrak mobil bisa menjadi tugas yang mudah dan aman dilakukan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber