Waspadai Bahaya Oli Mesin Palsu! Hindari Ciri Oli Motor Merugikan

Waspadai Bahaya Oli Mesin Palsu! Hindari Ciri Oli Motor Merugikan

Waspadai Bahaya Oli Mesin Palsu! Hindari Ciri Oli Motor Merugikan-@ArthurHidden-freepik

Produsen oli resmi akan menggunakan stiker yang umumnya terbuat dari bahan vinyl dan berwarna cerah serta font huruf yang bisa terbaca dengan jelas. .

Secara keseluruhan, kemasan oli yang palsu akan terlihat kurang presisi, buram, dan font penulisan yang blur. Sedangkan pada kemasan oli asli memiliki warna yang cerah, presisi, dan tidak buram dengan font penulisan yang juga terlihat rapi. 

Jadi, jika ada yang menawarkan oli dengan ciri-ciri kemasan tidak meyakinkan, sebaiknya jangan dibeli karena kemungkinan oli tersebut adalah palsu. 

Tanda Pengaman

Banyaknya oli palsu yang beredar di pasaran membuat produsen oli harus melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah dengan menambahkan tanda pengaman ekstra berupa segel, barcode, atau stiker hologram. 

Tanda pengaman inilah yang tidak akan ditemukan pada oli motor palsu. Ini merupakan ciri oli motor palsu ketiga yang harus diperhatikan ketika akan membeli pelumas untuk kendaraan kesayangan Anda. 

BACA JUGA:Harnojoyo Penuhi Panggilan Penyidik Bareskrim Polri di Polda Sumsel, Kasus Apa?

Khusus untuk tanda pengenal pada oli yang berupa barcode, jangan dibeli apabila kode barcode pernah di-scan. Sebab, barcode tersebut hanya bisa di-scan sebanyak satu kali. 

Jadi, apabila tertera informasi bahwa barcode pernah di-scan sebelumnya, ada kemungkinan isi dari kemasan oli tersebut sudah diganti dengan yang palsu. 

Kode Produksi 

Ciri berikutnya yang menandakan oli tersebut palsu adalah tidak adanya kode nomor produksi yang tertera pada kemasan. Kalaupun ada, belum tentu nomor produksi tersebut sesuai antara yang ada pada botol kemasan dengan di tutup botolnya. 

Untuk memastikan apakah kode nomor produksi tersebut dari produsen oli secara resmi atau tidak, Anda bisa mengeceknya di internet. 

Bau dan Warna Oli 

Ciri oli motor palsu juga bisa dilihat berdasarkan warna dan bau dari oli itu sendiri. Untuk oli motor yang asli pada umumnya berwarna biru, kuning keemasan, atau merah. 

BACA JUGA:Kemajuan Teknologi Otomotif dalam Pengamanan Kendaraan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber