Waspadai Bahaya Oli Mesin Palsu! Hindari Ciri Oli Motor Merugikan

Waspadai Bahaya Oli Mesin Palsu! Hindari Ciri Oli Motor Merugikan

Waspadai Bahaya Oli Mesin Palsu! Hindari Ciri Oli Motor Merugikan-@ArthurHidden-freepik

Selain itu, oli yang benar-benar asli dan berkualitas tidak mengendap, terlihat jernih dan bening. Bau atau aroma dari oli yang asli nyaris tidak berbau, walaupun ada sebagian yang memiliki aroma wangi. 

Sedangkan pada oli palsu warnanya terlihat kecoklatan cenderung hitam dan keruh karena berasal dari oli bekas yang kemudian disaring. 

Pada oli yang palsu juga terlihat ada endapan yang berasal dari penambahan zat kimia tertentu. Tidak hanya itu, sebagian besar oli palsu beraroma tidak sedap, menyengat, atau berbau tengik. 

arahnya lagi, ada sebagian oli palsu yang beratnya lebih ringan dibandingkan dengan botol pada oli palsu atau berat bersih oli palsu dalam botol tidak sesuai dengan yang tertera di kemasan. 

Dampak Menggunakan Oli Palsu pada Motor

Selain mengetahui apa saja ciri dari oli motor yang palsu Anda juga harus memahami apa dampak yang mungkin terjadi jika menggunakan oli jenis ini. 

Untuk jangka pendek mungkin tidak akan terlihat secara signifikan. Namun jika digunakan dalam jangka panjang dan berulang kali bisa menimbulkan berbagai masalah, antara lain: 

Proses pelumasan tidak bisa optimal sehingga sirkulasi mesin menjadi terhambat yang bisa menyebabkan overheat. 

BACA JUGA:Tanamkan Tradisi, Memulai Pertanian dengan 5 Alat Tradisional yang Efektif

Bisa menyebabkan motor harus turun mesin karena terlalu sering overheat. 

Itulah informasi seputar ciri oli motor palsu dan dampak yang bisa terjadi pada kendaraan kesayangan Anda. Untuk itu, jangan pernah tergiur untuk membeli oli yang kualitasnya belum teruji walaupun harganya murah. 

Akan lebih baik jika Anda membeli ke dealer Suzuki terdekat yang terjamin keasliannya atau langsung ke situs resminya melalui  link berikut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber