Wajib Tahu! Ini 7 Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Oli Motor Cepat Habis!

Wajib Tahu! Ini 7 Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Oli Motor Cepat Habis!

Wajib Tahu! Ini 7 Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Oli Motor Cepat Habis!-arthurhidden-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Oli merupakan komponen yang mempunyai peran sangat penting bagi berbagai komponen lainnya yang terdapat pada sepeda motor.

Oli motor mempunyai fungsi utama yaitu sebagai pelumas bagi mesin motor, menjaga komponen sepeda motor dari korosi atau karat, menjaga suhu mesin motor, dan menjaga kebersihan mesin motor.

Oli motor mempunyai peran yang sangat penting terhadap performa dan kinerja dari sepeda motor. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh beberapa pengendara sepeda motor yaitu kondisi oli motor yang cepat habis.

Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu pengendara sepeda motor karena mampu mengurangi kinerja mesin motor dan membuat suara mesin motor menjadi lebih kasar.

Lalu, apa saja yang dapat menyebabkan oli motor cepat habis? Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab oli motor cepat habis sehingga akan mempengaruhi kinerja dari sepeda motor tersebut.

BACA JUGA: Tetap Aman dari Kecelakaan Dengan Warna Mobil Terpopuler

Jarang Mengganti Oli Motor

Lupa dalam melakukan penggantian oli motor dapat menjadi risiko penyebab dari kapasitas oli motor yang berkurang. Hal ini dikarenakan oli yang terdapat pada mesin motor akan menguap jika telah melampaui usia pemakaiannya.

Jika oli motor berada di bawah batas minimal, maka oli motor tidak mampu melindungi berbagai bagian mesin motor secara optimal.

Oleh karena itu, pengendara perlu mengganti oli motor setiap 2.000 sampai 3.000 Km jarak tempuh perjalanan yang dilakukan.

Penggunaan Sepeda Motor Secara Kasar

Penggunaan sepeda motor secara kasar dan ugal-ugalan tentunya dapat menyebabkan oli motor menjadi cepat habis.

Sepeda motor yang digunakan dengan kondisi digas secara terus menerus, throttle yang tidak beraturan, dan stop go secara terus menerus juga dapat menyebabkan oli motor menjadi menguap sehingga jumlahnya akan menjadi berkurang.

Seal Oli yang Mengalami Kebocoran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber