Sultan Mahmud Badaruddin IV Sebut Kebudayaan Melayu di Kota Palembang Semakin Berkembang

Sultan Mahmud Badaruddin IV Sebut Kebudayaan Melayu di Kota Palembang Semakin Berkembang

Sultan Mahmud Badaruddin IV sebut kebudayaan Melayu di Kota Palembang semakin berkembang, Kamis (9/5/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kebudayaan Melayu yang sudah menjadi identitas diri dari masyarakat Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang saat ini sudah semakin berkembang.

Disampaikan langsung oleh Sultan Mahmud Badaruddin IV Jaya Wikrama Fauwaz Diradja, penguatan budaya Melayu di Bumi Sriwijaya ini khususnya Palembang Darussalam sudah semakin berkembang dan juga sudah mulai dimeriahkan oleh masyarakat.

“Alhamdulillah, kalau berbicara soal perkembangan budaya Melayu saat ini sudah banyak yang membicarakannya, salah satunya seperti acara yang digelar oleh Forwida yang bertujuan ingin mengembangkan kembali bahwa Seguntang ini adalah Hulunya Melayu,” kata Sultan Mahmud Badaruddin IV Jaya Wikrama Fauwaz Diradja, pada hari Kamis, 9 Mei 2024.

Masih dikatakan Sultan Fauwaz Diradja, diketahui bahwa orang-orang Melayu yang ada di Nusantara dan luar negeri seperti Malaysia, Brunei, dan Filipina semua akan datang ke Bukit Siguntang karena mereka tahu bahwa nenek moyang mereka berasal dari Palembang.

BACA JUGA:Akses Jalan Jembatan Penghubung Desa Tanjung Agung dan Desa Sakatiga Putus, Ekonomi Warga Terganggu!


Sultan Mahmud Badaruddin IV Jaya Wikrama Fauwaz Diradja, Kamis (9/5/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

“Penguatan Melayu di Bumi Sriwijaya khususnya Kota Palembang Darussalam ini sudah semakin berkembang dan juga sudah mulai dimeriahkan oleh masyarakat. Berbagai komunitas sudah melaksanakan termasuk dari Pemprov yang menggelar Seguntang Fest, yang memiliki tujuan untuk menguatkan kembali jati diri kebudayaan Melayu,” ujarnya.

Lebih lanjut, SMB IV mengatakan eksistensi kebudayaan Melayu di Kota Palembang ini masih dirasakan karena budaya Palembang memang mengandung budaya Melayu, seperti Ngobeng, Ngidang, dan tari-tarian.

“Eksistensi kebudayaan Melayu saat ini masih bisa kita rasakan. Hanya saja pada saat dahulu narasi Melayu kita sangat kurang. Oleh karena itu, saat ini narasi dan kebudayaan Melayu perlahan bangkit yang disertai oleh para anak muda dan orang tua yang berkolaborasi untuk mengembangkan budaya Melayu,” terangnya.

Sultan Mahmud Badaruddin IV berharap para generasi muda bersama-sama mengembangkan budaya Melayu, lantaran ke depannya harus bisa menjaga identitas kebudayaan Melayu agar tidak tergerus zaman dan memiliki karakter yang baik.

BACA JUGA:Diduga Korsleting Listrik, 1 Rumah di Jalan Rama Kasih Raya Kebakaran Saat Ditinggal Pergi Keluar


Sultan Mahmud Badaruddin IV Jaya Wikrama Fauwaz Diradja berharap generasi muda menjaga identitas kebudayaan Melayu agar tidak tergerus zaman dan memiliki karakter yang baik, Kamis (9/5/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

“Karena karakter Melayu yang unik ini juga dapat menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Palembang,” tungkas Sultan Mahmud Badaruddin IV Jaya Wikrama Fauwaz Diradja.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv