Masjid Sokambang: Menelusuri Jejak Kejayaan Sumenep

Masjid Sokambang: Menelusuri Jejak Kejayaan Sumenep

Masjid Sokambang di Kabupaten Sumenep, Madura. --Foto : indonesia.go.id/Antara

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Di antara permukiman padat penduduk di Sumenep, Jawa Timur, berdiri kokoh Masjid Sokambang, saksi bisu kejayaan Kesultanan Sumenep.

Dibangun atas prakarsa Sultan Abdurahman Pakunantaningrat I pada masa pemerintahannya (1811-1854), masjid ini menyimpan banyak cerita dan sejarah yang tak ternilai.

 

Dari Tempat Persinggahan Raja Menjadi Masjid Bersejarah

Konon, sebelum difungsikan sebagai masjid, bangunan ini merupakan tempat persinggahan sementara bagi keluarga raja saat berziarah ke Asta Tinggi, kompleks pemakaman raja-raja Sumenep. Di sinilah, para raja beristirahat dan memanjatkan doa sebelum melanjutkan perjalanan mereka.

BACA JUGA:Masjid Agung Kubah Timah: Landmark Baru nan Megah di Pangkal Pinang

 

Arsitektur yang Menggabungkan Tradisi dan Modernitas

Memasuki area masjid, perpaduan arsitektur tradisional dan modern terlihat jelas. Bagian luar masjid tampak sederhana dengan deretan menara kecil. Namun, di balik kesederhanaan itu, tersimpan kekayaan sejarah yang tak terkira.

 

Menyimpan Cerita Para Raja dan Ulama Ternama

Masjid Sokambang tak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga pusat pendidikan agama pada masanya. Ulama-ulama ternama seperti Kiai Anjuk dan Kiai Bayanullah pernah mengajar di masjid ini, mewariskan ilmu pengetahuan kepada para santri.

BACA JUGA:Pesona Keindahan Masjid 99 Kubah di Pinggiran Pantai Losari

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id