Masjid Agung Kubah Timah: Landmark Baru nan Megah di Pangkal Pinang

Masjid Agung Kubah Timah: Landmark Baru nan Megah di Pangkal Pinang

Kemegahan Masjid Agung Timah--Foto : Instagram@Rendekaa

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menjulang megah di pusat Kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berdiri Masjid Agung Kubah Timah. Masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi ikon dan daya tarik wisata religi terbaru di kota ini.

 

Arsitektur Unik dengan Sentuhan Timah

Masjid Agung Kubah Timah memiliki desain yang unik dan menarik. Kubah utama masjid berwarna perak terang, menyerupai tudung saji.

Uniknya, lapisan luar kubah ini memang terbuat dari timah, meski porsinya tidak dominan. Material timah ini menjadi simbolisasi atas kekayaan alam Bangka Belitung yang terkenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia.

BACA JUGA:Ini Alasan Seorang Muslim Jaga Lisan! Karena Setiap Perkataan Do'a. Berikut penjelasannya!


Arsitektur Unik dengan Sentuhan Timah--Foto : instagram.com@m_affsc

 

Arsitek Ridwan Kamil di Balik Kemegahannya

Desain Masjid Agung Kubah Timah ini dirancang oleh arsitek kenamaan Ridwan Kamil, yang juga mendesain beberapa masjid monumental lainnya di Indonesia.

Masjid ini memiliki tiga kubah. Kubah utama berfungsi sebagai ruang sholat utama yang mampu menampung hingga 1.200 jamaah. Sementara dua kubah lainnya difungsikan sebagai tempat wudhu dan toilet.

 

Simbol Toleransi Antar Umat Beragama

Lokasi Masjid Agung Kubah Timah juga menjadi sorotan tersendiri. Masjid ini berdiri berdampingan dengan Gereja Maranatha Pangkalpinang. Kedekatan lokasi kedua tempat ibadah ini justru menjadi simbolisasi kuatnya toleransi antar umat beragama di Pangkal Pinang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber