Hati-hati ! Ini Bahaya Syirik dalam Kehidupan Sehari-hari yang Seringkali Tidak Disadari

Hati-hati ! Ini Bahaya Syirik dalam Kehidupan Sehari-hari yang Seringkali Tidak Disadari

Bahaya Syirik dalam Kehidupan Sehari-hari yang Seringkali Tidak Disadari--Foto : Freepik.com/teksomolika

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Syirik merupakan dosa besar dalam Islam yang tidak akan mendapat pengampunan dari Allah SWT. Banyak orang mungkin berpikir bahwa Syirik hanya berkaitan dengan menyekutukan Allah atau menyembah selain Allah SWT.

Namun perbuatan syirik juga dapat terjadi dalam hal lain yang bahkan mungkin biasa terjadi pada kehidupan sehari-hari yang seringkali tidak kita sadari.

Syirik berasal dari bahasa Arab 'as-syirku' yang berarti kemusyrikan. Secara istilah, syirik adalah tindakan menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu atau seseorang lainnya. Orang yang melakukan syirik disebut musyrik. Sebagaimana dilansir dari laman Nu Online, Larangan berbuat syirik telah ditegaskan dalam Al-Qur'an, salah satunya dalam surat An-Nisa ayat 48:

Artinya: "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa selain syirik, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar."

 BACA JUGA:Jangan Bersedih! Allah SWT Pasti Membalas Perbuatan Zalim, Inilah Adab Orang yang Terzalimi

Untuk menghindari dosa besar ini, penting bagi seorang muslim untuk memahami bahaya syirik dan bentuk-bentuknya.

Salah satu bentuk syirik yang sering terjadi namun tidak disadari adalah menganggap ada perbuatan yang dapat terjadi tanpa campur tangan Allah SWT.

Lantas apa saja jenis-jenis syirik yang tanpa kita sadari sering terjadi yang wajib dihindari oleh seorang muslim? berikut paltv.disway.id rangkum dari berbagai sumber.

1. Syirik Besar

Syirik adalah suatu perbuatan dosa besar yang dapat dibagi ke dalam dua jenis, yakni syirik besar dan syirik kecil. Syirik besar (syirik Akbar) adalah ketika seseorang meyakini ada tuhan selain Allah SWT.

BACA JUGA:Jangan Main-main! Ini Ancaman bagi Pemimpin yang Zalim Menurut Al-Qur’an dan Hadis Rasulullah SAW

Ini adalah bentuk syirik yang dianggap dosa besar, bahkan setara dengan murtad, ataupun seseorang yang benar-benar keluar dari agama Islam.

Contoh dari syirik besar lainnya adalah seperti, menyembelih hewan kurban diperuntukan selain kepada Allah SWT, baik itu untuk acara adat ataupun sesajen untuk hal-hal mistis. Juga, rasa takut berlebihan terhadap orang yang sudah meninggal, jin, atau setan yang diyakini bisa mendatangkan malapetaka.

Selain itu, yang termasuk dalam kategori syirik besar adalah perbuatan yang mengharapkan sesuatu kepada selain Allah SWT, seperti menggunakan jimat untuk mencari keberuntungan atau kekayaan melalui pesugihan juga termasuk syirik besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber