Jangan Bersedih! Allah SWT Pasti Membalas Perbuatan Zalim, Inilah Adab Orang yang Terzalimi

Jangan Bersedih! Allah SWT Pasti Membalas Perbuatan Zalim, Inilah Adab Orang yang Terzalimi

Inilah Adab Orang yang Terzalimi--Foto : Freepik.com/jcomp

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mungkin di antara kita ada yang pernah merasa teraniaya atau dizalimi oleh orang lain. Mungkin juga pernah merasa dianiaya oleh penguasa atau pemimpin yang tidak adil.

Lantas, sebagai seorang mukmin, bagaimana cara menyikapi hal tersebut agar tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ajaran agama, dan bagaimana adab yang sebaiknya dilakukan oleh orang yang terzalimi?

Bertindak sewenang-wenang, berlaku tidak adil, atau bahkan menganiaya dalam Islam disebut dengan istilah zalim. Perbuatan ini sangat dilarang dalam Islam karena Islam adalah agama yang mengutamakan prinsip keadilan, kesamaan derajat, dan menjauhi perbuatan aniaya atau zalim yang menyakiti fisik maupun hati seseorang.

Sebagaimana dikutip melalui laman Nu Online, dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda:

"Jauhilah dan takutlah kamu berbuat zalim, sebab sesungguhnya kezaliman itu merupakan kegelapan di hari kiamat." (HR. Bukhari)

 BACA JUGA:Jangan Main-main! Ini Ancaman bagi Pemimpin yang Zalim Menurut Al-Qur’an dan Hadis Rasulullah SAW


sikap atau adab yang sebaiknya dilakukan oleh orang yang terzalimi --Foto : Freepik.com/freepik

Selain itu, dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma juga dijelaskan bahwa doa orang yang teraniaya sangatlah mustajab. Rasulullah SAW bersabda:

 "Takutlah terhadap doa orang yang teraniaya! Sesungguhnya doa tersebut naik ke langit laksana percikan api." (HR. Hakim)

 Perbuatan zalim merupakan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Menurut riwayat Thabrani, Allah SWT berjanji untuk membalas para pelaku zalim tanpa melewatkan satu pun. Perbuatan zalim bahkan dikatakan dapat menggerogoti seluruh pahala kebaikan seseorang.

 Islam, sebagai agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemuliaan, tidak pernah membenarkan tindakan zalim atau aniaya terhadap orang lain. Dalam ajaran islam tidak membenarkan tindakan zalim dengan alasan dan motif apa pun. Semua perbuatan yang merugikan orang lain sangat dilarang dan tidak bisa dibenarkan.

 BACA JUGA:Yuk Diamalkan! Selain Sholat 5 Waktu, Ini Beberapa Sholat Sunnah yang Memiliki Keutamaan dan Pahala Besar

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh seorang mukmin yang dizalimi? Apakah harus membalas perbuatan tersebut? Tentu saja tidak. Sebab, setiap perbuatan zalim pasti akan mendapatkan balasannya dari Allah SWT.

Berikut ini beberapa sikap atau adab yang sebaiknya dilakukan oleh orang yang terzalimi sebagaimana dirangkum paltv.disway.id melalui berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber