Resep Hekeng khas Pontianak: Kreasi Lezat Ayam dan Udang yang Menggugah Selera

Resep Hekeng khas Pontianak: Kreasi Lezat Ayam dan Udang yang Menggugah Selera

Resep Hekeng khas Pontianak: Kreasi Lezat Ayam dan Udang yang Menggugah Selera--instagram@meily_chin

Langkah Pembuatan:

1. Persiapan Adonan

Campur bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan dengan daging ayam cincang dalam sebuah mangkuk besar.

Tambahkan udang yang sudah dicincang, aduk rata. Masukkan telur, wortel parut, irisan daun bawang, tepung terigu, dan tepung sagu. Aduk semua bahan hingga tercampur merata.

Tambahkan kecap asin, saus tiram, minyak wijen, gula pasir, garam, kaldu bubuk, lada bubuk, dan bubuk ngohiong jika menggunakan. Aduk kembali sampai semua bahan benar-benar terintegrasi.

BACA JUGA:Kadivpas Kemenkumham Sumsel Ingatkan 4 Titik Rawan Saat Kunjungi Lapas Banyuasin dan Lapas Sekayu

2. Pembungkusan dengan Kulit Tahu

Bersihkan setiap lembar kulit tahu dengan kain bersih untuk menghilangkan garam yang berlebih. Berhati-hatilah untuk tidak merendam kulit tahu karena bisa mengurangi kemampuannya untuk menempel saat digoreng.

Letakkan sejumlah adonan di pinggir satu lembar kulit tahu, kemudian gulung rapi. Pastikan adonan terbungkus dengan erat.

3. Kukus dan Goreng

Siapkan panci kukusan yang telah dipanaskan terlebih dahulu selama 10-15 menit. Masukkan semua hekeng yang telah dibungkus ke dalam kukusan. Kukus selama 20-25 menit hingga matang. Biarkan dingin sesaat sebelum digoreng.

BACA JUGA:M Hidayat Ambil Formulir Penjaringan Bakal Calon Walikota Palembang Lewat PDI Perjuangan

Panaskan minyak dalam jumlah yang cukup di wajan. Goreng hekeng hingga berwarna keemasan dan renyah di luar. Angkat dan tiriskan.

4. Penyajian

Sajikan hekeng hangat bersama saus sambal atau saus pilihan Anda. Hekeng khas Pontianak ini cocok disajikan sebagai camilan di sore hari atau sebagai lauk pendamping nasi hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber