Harga Pangan di Palembang Naik Jelang Idulfitri, Koordinasi Distributor Diperketat

Harga Pangan di Palembang Naik Jelang Idulfitri, Koordinasi Distributor Diperketat

Harga pangan di Palembang naik jelang Idulfitri, koordinasi distributor diperketat, Jum’at (29/3/2024).-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Kenaikan harga pangan seperti beras, daging dan lainnya menjelang Idulfitri menjadi perhatian pihak Pemerintah Kota Palembang, dalam upaya mengendalikan laju inflasi dan kemiskinan ekstrem.

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengatakan, saat ini harga pangan mengalami kenaikan. Untuk pengendalian, pihak Dinas Perdagangan Kota Palembang sudah diminta rutin melakukan Operasi Pasar dan Pasar Murah pada setiap hari Senin, Selasa dan Kamis.

“Saya cek memang, khususnya beras mengalami kenaikan. Mangkanya saya minta Dinas Perdagangan untuk rutin melakukan Operasi Pasar Senin, Selasa dan Kamis,” kata Pj Walikota Palembang Ratu Dewa.

Selain itu, pihak Dinas Perdagangan Kota Palembang juga sudah diminta untuk terus berkoordinasi dengan para distributor, khususnya distributor beras di Palembang, untuk menjaga ketersediaan pasokan dan juga harga jual.

BACA JUGA:Perayaan Jumat Agung di GBI Lebong Siareng Palembang Berjalan dengan Khidmat


Pj Walikota Palembang Ratu Dewa minta Dinas Perdagangan Kota Palembang terus berkoordinasi dengan para distributor untuk pendistribusian beras dan pasokan yang ada di Palembang, Jum’at (29/3/2024).-Sandy Pratama-PALTV

“Tapi, saya juga minta ada koordinasi dengan para distributor untuk pendistribusian beras dan pasokan yang ada di Palembang,” lanjut Ratu Dewa.

Kenaikan harga pangan pada Ramadan dan menjelang Idulfitri ini dipicu beberapa hal, seperti ketersediaan pasokan, harga gabah di tingkat petani yang terjadi secara nasional.

“Kenaikan harga beras ini dipicu macem-macem. Seperti dari pasokan, harga gabah yang terjadi mulai dari tingkat nasional,” tutup Pj Walikota Palembang Ratu Dewa.

Dari pantauan PALTV, pasca kenaikan harga pangan khususnya beras cukup tinggi, seperti beras medium dibandrol Rp12.500 per kilogram, atau naik Rp2.500 per kilogram dari harga normal berkisar Rp10.000 per kilogram.

BACA JUGA:Tradisi Midang Morge Siwe Tahun 2024 Diprediksi Akan Lebih Meriah


Kenaikan harga pangan pada Ramadan dan menjelang Idulfitri ini dipicu oleh ketersediaan pasokan dan harga gabah di tingkat petani yang terjadi secara nasional, Jum’at (29/3/2024).-Sandy Pratama-PALTV

Sementara untuk harga beras premium kini di angka Rp15.000 per kilogram, atau naik sekitar Rp3.000 dari harga sebelumnya Rp12.000 per kilogram.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv