Tradisi Midang Morge Siwe Tahun 2024 Diprediksi Akan Lebih Meriah

Tradisi Midang Morge Siwe Tahun 2024 Diprediksi Akan Lebih Meriah

Tradisi Midang Morge Siwe Tahun 2024 Diprediksi Akan Lebih Meriah-foto/Novan Wijaya-PALTV

OKI, PALTV.CO.ID- Tradisi Midang yang biasa diselenggarakan pada hari raya ke 3 dan keempat di Kayuagung, Tahun 2024 ini diprediksi akan berlangsung lebih meriah.

Tradisi yang sudah ada sejak zaman abad ke 17 ini merupakan pawai iring-iringan atu karnaval pasangan suami istri dan bujang gadis, memakai pakaian adat pengantin dan busana tradisional Nusantara serta diiringi musik tradisional tanjidor.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKI Ahmadin Ilyas menjelaskan, selain midang dan wisata air pada saat pawai nanti juga akan digelar lomba tradisi cang incang.

"Tradisi Cang-Incng merupakan salah satu tradisi sastra lisan atau tutur kata yang menjadi warisan budaya Kayuagung. Jadi perlu dilestarikan melalui lomba saat midang berlangsung nanti karena zaman sekarang sudah semakin sedikit anak muda yang gemar dengan Cang-Incang" kata Ahmadin Kamis (28/3).

BACA JUGA: Selamat! Sekda Erwin Ibrahim Terpilih Sebagai Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Banyuasin

Midang Morge Siwe seperti biasa lanjut Ahmadin, akan diikuti oleh 12 Kelurahan di Kecamatan Kota Kayuagung.

" Peserta pawai akan dibagi dua sesi yakni 6 Kelurahan di Hari raya ke 3  dan 6 Kelurahan Hari Raya Ke 4. Peserta berjalan melewati rute yang sama dari kelurahan Sukada menyusuri jalan tepi sungai Komering dan berakhir di Pendopo Kabupatenan ". Terang Kadin Pariwisata.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKI Ahmadin Ilyas -foto/Novan Wijaya-PALTV

Kegiatan ini juga akan dikawal ketat oleh pihak keamanan Polpp,Polri dan TNI dan akan ada pengalihan arus lalu lintas dibeberapa titik jalan protokol, untuk mengurangi resiko kemacetan dan mengganggu berlangsungnya pawai tersebut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: