6 Bangunan Adat Sumatera Selatan dan Berbagai Ide di Baliknya

6 Bangunan Adat Sumatera Selatan dan Berbagai Ide di Baliknya

6 Bangunan Adat Sumatera Selatan dan Berbagai Ide di Baliknya--Foto: instagram@rumahlimaspalembangg

2. Rumah Limas

Rumah berbentuk piramida merupakan contoh rumah adat Sumatera Selatan yang bercirikan ciri khas atapnya yang berbentuk piramida. Nama lain rumah ini adalah Rumah Bari.

Di Malaysia, rumah-rumah ini dapat ditemukan di negara bagian Selangor, Johor dan Terengganu. Rumah-rumah ini merupakan bangunan bertingkat yang disebut bengkilas. Gedung tersebut hanya digunakan untuk acara keluarga, termasuk hajatan. Pengunjung dipersilakan di lantai satu atau dua.

Gaya arsitektur Rumah Piramida mirip dengan panggung, dengan berbagai dekorasi yang mencerminkan identitas tradisional masyarakat setempat.

Kebanyakan Rumah limas berharga antara 400 dan luas permukaan 1.000 .m2 serta dibangun di atas tiang atau tiang baja yang kuat dan tahan air.

Saat ini struktur pintu, dinding, dan lantainya terbuat dari kayu tembesu, sedangkan lantainya terbuat dari kayu yang menarik. Mengikuti konsep matahari terbit dan terbenam, bangunan selalu menghadap barat dan timur.

Setiap lantai rumah memiliki tradisinya masing-masing, antara lain usia, jenis kelamin, profesi, jabatan, dan golongan.

3. Rumah Ulu

Rumah Ulu merupakan contoh rumah adat Sumatera Selatan yang berasal dari Dataran Tinggi Besema di sebelah barat dan menyebar ke arah timur dari kota-kota kecil di sepanjang Sungai Ogan.

BACA JUGA:Ulasan Awal Honda e:Ny1: Potensi Pasar dan Peluang di Indonesia

Rumah itu berdiri di atas tiang-tiang, beratap tinggi, dan berdinding persegi. Rumah- rumah ini digunakan oleh masyarakat yang tinggal di hulu Sungai Musi.

Kata ulu berasal dari kata “uluan” yang berarti desa. Uluan juga digunakan sebagai sebutan bagi masyarakat yang tinggal di desa-desa di hulu Sungai Musi. Pada dasarnya rumah memiliki bentuk dasar denah persegi dengan pintu masuk di depan.

Bagian tengah adalah atas dan bawah. Selain itu, rumah ini juga memiliki atap, namun hanya beberapa ruangan saja yang diberi nama atap hantu. Atap jiwa merupakan tempat penyimpanan makanan dan harta benda pemiliknya.

4. Rumah Rakit

Rumah rakit merupakan contoh rumah adat tertua di Sumatera Selatan. Idenya sudah ada sejak zaman Kedatuan Sriwijaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber