6 Bangunan Adat Sumatera Selatan dan Berbagai Ide di Baliknya

6 Bangunan Adat Sumatera Selatan dan Berbagai Ide di Baliknya

6 Bangunan Adat Sumatera Selatan dan Berbagai Ide di Baliknya--Foto: instagram@rumahlimaspalembangg

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Sumatera Selatan adalah sebuah provinsi di bagian selatan pulau Sumatera, Indonesia. Ibukota

provinsi ini adalah kota palembang. Berdasarkan sensus tahun 2021 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk negara ini adalah 8.550.849 jiwa.

Berdasarkan letak geografisnya, Sumatera Selatan di utara berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Provinsi Jambi. Kepulauan Bangka. -Belitung di timur, Provinsi Lampung di selatan, Provinsi Bengkulu di barat.

Wilayah ini kaya akan sumber daya alam (SDA) seperti gas, minyak, dan batu bara. Di sisi lain, Palembang, ibu kota provinsi Sumatera Selatan, telah lama dikenal sebagai pusat dinasti Sriwijaya yang berasal dari Sumatera Selatan.

Dan kelompok etnis dapat dibagi menjadi dua

kelompok: masyarakat adat dan pendatang.

Etnis pribumi berada dalam suatu term kolektif “Melayu Palembang” yang dapat dibagi lagi menjadi dua subkelompok, yaitu orang Iliran dan orang Uluan.

BACA JUGA:Jemaah Haji Dilarang Bawa Jimat, Konsekuensi hukuman mati

Semua etnis hidup beriringan secara damai di Sumatra Selatan, bahkan tidak pernah terjadi konflik antaretnis maupun umat beragama.

Seperti banyak provinsi lain, banyak terdapat rumah adat dan rumah adat di Sumatera Selatan. Tahukah anda daftar rumah adat yang ada di Sumatera Selatan? Jangan khawatir Tidak perlu

khawatir untuk mencari informasi karena daftar rumah adat di Sumsel akan dibahas pada artikel berikut ini. Jadi, baca artikel ini sampai akhir.

Daftar Rumah Adat Masyarakat Sumatra Selatan

Masyarakat Sumsel juga mempunyai rumah adat dengan berbagai adat istiadat dan filosofi sejarahnya. Setiap bangunan cagar budaya memiliki ciri khasnya masing-masing.

Bangunan cagar budaya terlihat dan berfungsi berbeda dengan bangunan cagar budaya di wilayah lain. Sebab, ciri geografis Sumsel sebagian besar berupa sungai, rawa, dan perairan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber