Tomat Terlalu Biasa? Temukan 14 Khasiat Kesehatan dan Keajaiban Nutrisinya!

 Tomat Terlalu Biasa? Temukan 14 Khasiat Kesehatan dan Keajaiban Nutrisinya!

Tomat Terlalu Biasa? Temukan 14 Khasiat Kesehatan dan Keajaiban Nutrisinya!-@Racool_studio-freepik

BACA JUGA:Berbagai Amalan di Bulan Ramadan yang Jangan Sampai Terlewatkan, Salah Satunya Hanya Dijumpai di Bulan Ramadan

8. Melawan Radikal Bebas

Vitamin C dan likopen dalam tomat adalah dua senyawa antioksidan yang efektif melawan radikal bebas.

Tubuh kita bisa terpapar radikal bebas melalui berbagai sumber seperti proses metabolisme, sinar ultraviolet, polusi, dan asap rokok. Melalui konsumsi tomat, kita dapat memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel tubuh.

9. Menurunkan Risiko Kanker

Kerusakan sel akibat radikal bebas dapat menjadi pemicu sel-sel menjadi abnormal, menjadi cikal bakal penyakit kanker. Kandungan antioksidan dalam tomat, terutama likopen, dapat membantu menurunkan risiko kanker, seperti kanker prostat, paru-paru, dan perut.

Penting untuk diingat bahwa menjaga risiko kanker tidak hanya melibatkan konsumsi tomat tetapi juga melibatkan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam tomat tidak hanya melindungi seluruh tubuh dari kerusakan, tetapi juga memberikan perlindungan khusus pada jantung.

BACA JUGA:Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud Terus Dukung Program yang Membuat Masyarakat Musi Banyuasin Semakin Sejahtera

Likopen dan kalium dalam tomat bekerja sama untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, mengurangi risiko peradangan pada pembuluh darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung secara keseluruhan.

11. Kesehatan Kulit yang Optimal

Ketika membicarakan manfaat tomat, kita tidak bisa melewatkan kontribusinya untuk kecantikan kulit. Antioksidan dalam tomat membantu mengurangi penuaan kulit dengan melawan kerusakan akibat paparan sinar matahari, memperbaiki kerusakan kulit, dan memicu produksi kolagen.

Vitamin C dalam tomat juga mendukung pemulihan kulit dari luka lebih cepat, melindungi kulit dari sunburn, dan menjaga kekenyalan kulit.

12. Menguatkan Tulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber