Berbagai Amalan di Bulan Ramadan yang Jangan Sampai Terlewatkan, Salah Satunya Hanya Dijumpai di Bulan Ramadan

Berbagai Amalan di Bulan Ramadan yang Jangan Sampai Terlewatkan, Salah Satunya Hanya Dijumpai di Bulan Ramadan

Berbagai amalan di Bulan Ramadan yang jangan sampai terlewatkan, salah satunya hanya dijumpai di bulan Ramadan.--freepik.com/@xvector

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nanti bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. umat Islam berlomba-lomba untuk beribadah dan melakukan amal kebaikan di bulan yang mulia ini.

Ramadan merupakan bulan yang mulia karena terdapat banyak kemuliaan di dalamnya, salah satunya yaitu setiap amal ibadah yang dilakukan akan diberi pahala yang berlipatganda. Selain itu terdapat amalan yang hanya dapat dijumpai di bulan suci ini saja.

Bagi umat Islam, bulan suci Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah untuk mengumpulkan pahala sebanyak banyaknya.

Mengerjakan amalan-amalan baik di bulan Ramadan akan memperoleh ganjaran pahala yang berlipatganda dari Allah SWT yang sayang jika terlewatkan.

BACA JUGA:Tuntunan Islam dalam Memotong Kuku: Sebuah Kebiasaan yang Berpahala

Lantas, apa saja amalan-amalan tersebut? Mengutip dari NU Online, berikut merupakan amalan di bulan Ramadan yang dianjurkan untuk umat Islam sesuai sunah Rasulullah SAW.


Dianjurkan mengakhirkan waktu sahur dan menyegerakan waktu berbuka.--freepik.com/@freepik

Mengakhirkan Waktu Sahur

Waktu sahur yang paling utama adalah sahur di akhir atau penghujung waktu. Disunahkan mengakhirkan makan sahur sampai mendekati waktu Subuh asalkan jangan sampai benar-benar di akhir waktu, sehingga kita ragu apakah waktu sahur masih tersisa atau tidak.

Hal tersebut berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA:Hati-hati Para Suami Istri, Ini Hukum Berhubungan Intim di Siang Hari Saat Puasa di Bulan Ramadhan

“Umatku akan selalu berada dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur.” (HR Ath-Thabrani) 

Menyegerakan Waktu Berbuka

Amalan selanjutnya yaitu menyegerakan waktu berbuka dan tidak menunda-nundanya. Saat sahur kita disunnahkan untuk mengakhirkan waktunya, akan tetapi saat berbuka justru kita harus menyegerakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber