Tomat Terlalu Biasa? Temukan 14 Khasiat Kesehatan dan Keajaiban Nutrisinya!

 Tomat Terlalu Biasa? Temukan 14 Khasiat Kesehatan dan Keajaiban Nutrisinya!

Tomat Terlalu Biasa? Temukan 14 Khasiat Kesehatan dan Keajaiban Nutrisinya!-@Racool_studio-freepik

Sebagian besar serat dan nutrisi terdapat di kulit tomat. Jadi, konsumsilah tomat dengan kulitnya untuk mendapatkan manfaat nutrisi maksimal.

5. Kombinasikan dengan Sumber Protein

Tambahkan sumber protein seperti daging, ikan, tahu, atau tempe saat mengonsumsi tomat untuk meningkatkan manfaat nutrisinya. Protein membantu penyerapan likopen dalam tubuh.

6. Perhatikan Olahan Tomat

Saat memilih produk olahan tomat seperti saus atau pasta, periksa kandungan gula, garam, dan bahan tambahan. Pilih produk dengan kandungan bahan alami yang lebih tinggi dan hindari bahan pengawet serta pemanis buatan yang berlebihan.

Tomat merupakan buah yang rendah kalori, karbohidrat, dan lemak, menjadikannya pilihan yang baik untuk penurunan berat badan.

Mengonsumsi tomat mentah atau memasaknya dalam waktu singkat dapat memaksimalkan manfaat nutrisinya. Kombinasi dengan minyak zaitun membantu penyerapan likopen, yang berperan dalam menjaga kesehatan mata dan mengendalikan suasana hati.

Memakan kulit tomat dan menggabungkannya dengan sumber protein juga meningkatkan manfaat nutrisinya. Meskipun olahan tomat seperti saus perlu diperhatikan, tomat tetap menjadi pilihan sehat dengan dampak positif pada kesehatan kulit, pencegahan kanker, serta menjaga kesehatan jantung dan mata.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber