Tomat Terlalu Biasa? Temukan 14 Khasiat Kesehatan dan Keajaiban Nutrisinya!

 Tomat Terlalu Biasa? Temukan 14 Khasiat Kesehatan dan Keajaiban Nutrisinya!

Tomat Terlalu Biasa? Temukan 14 Khasiat Kesehatan dan Keajaiban Nutrisinya!-@Racool_studio-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Mengonsumsi tomat setiap hari memiliki banyak manfaat besar bagi kesehatan Anda. Cocok untuk sarapan, makan siang, sebagai minuman penyegar, dan bisa dimakan mentah di malam hari.

Secara ekologis, tomat tergolong buah-buahan karena berbiji dan tumbuh dari bakal buah tanaman, namun jika dimasak seperti sayuran.

Tomat sangat bergizi hingga likopen, sejenis antioksidan. Berbagai manfaat kesehatan. Buah yang memiliki nama ilmiah Solanum lycopersicum ini berasal dari famili Solanaceae dan merupakan tanaman asli Amerika Selatan.

Kandungan Nutrisi Tomat

Manfaat tomat tidak hanya memberikan rasa nikmat di setiap gigitannya, namun juga mengandung banyak nutrisi penting. nutrisi.

BACA JUGA: Tips Wisata Terbaik, Harga dan Tiket Taman Budaya Sentul Tahun 2024

untuk tubuh Menurut data Kementerian Kesehatan India, 100 gram tomat mengandung 1,3 gram protein, 4,7 gram karbohidrat, 0,5 gram lemak, 1,7 gram serat, 164,9 mg kalium, 0,6 mg zat besi, 0,2 mg zat besi, kalsium 8 mg, tembaga 0,14 mg, fosfor 77 mg, natrium 10 mg, betakaroten 575 mcg, vitamin B1 0,06 mg, vitamin B2 0,07 mg, vitamin B3 0,4 mg, vitamin C hingga 34 mg. Sebagai makanan bergizi tinggi, tomat merupakan sumber nutrisi yang menunjang kesehatan fisik.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Berikut ini ragam manfaat tomat untuk kesehatan.

1. Tomat Sebagai MPASI untuk Bayi

Bukan hanya lezat untuk kita, tomat juga direkomendasikan sebagai menu MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) untuk bayi. Kandungan nutrisi yang melimpah, terutama vitamin C, menjadikan tomat sebagai pilihan yang cerdas untuk memulai perkenalan bayi dengan makanan padat.

2. Mencegah Sariawan

Vitamin C, yang tinggi dalam tomat, tak hanya memberi kelezatan pada buah ini tetapi juga melindungi gusi dari masalah seperti sariawan. Ketika sariawan menyerang, konsumsi makanan kaya vitamin C, termasuk tomat, dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.


Tomat Terlalu Biasa? Temukan 14 Khasiat Kesehatan dan Keajaiban Nutrisinya!-@foto beruang-freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber