Lakukan Amalan-amalan Ini Agar Tetap Istiqomah Setelah Ramadan dan Merayakan Idulfitri Penuh Kemenangan

Lakukan Amalan-amalan Ini Agar Tetap Istiqomah Setelah Ramadan dan Merayakan Idulfitri Penuh Kemenangan

Lakukan amalan-amalan yang dapat membuat tetap istiqomah setelah Ramadan.--freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tidak terasa, bulan suci Ramadan yang penuh dengan keberkahan dan keutamaan telah berlalu.

Ketika Ramadan berakhir, maka berakhir juga pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT kepada setiap muslim yang melaksanakan amalan kebaikan.

Namun, meskipun Ramadan telah berlalu, bukan berarti kita berhenti melakukan ibadah yang biasa kita lakukan selama Ramadan.

Justru, seharusnya amal ibadah kita semakin ditingkatkan agar kuantitas ibadah kita tidak menurun dan tetap istiqomah.

BACA JUGA:Sikap Seorang Muslim Menjelang Berakhirnya Ramadan, Harus Sedih atau Bergembira? Simak Penjelasannya!

Setelah Ramadan, seorang muslim dituntut untuk tetap istiqomah melakukan amalan ibadah. Ibadah puasa selama sebulan penuh yang diisi dengan qiyamul lail seperti salat malam serta tadarus Al-Qur’an maupun amalan sunah lainnya, seperti sedekah tetap harus terus diamalkan. Sebab, pasca Ramadan amal ibadah dan ketakwaan seseorang terkadang menjadi kendur. 

Tetap istiqomah dalam beribadah setelah Ramadan merupakan hal yang perlu diperhatikan setelah hari ini kita memasuki bulan Syawal.

Dengan ikhlas melaksanakan amalan dan menjalankan perintah Allah SWT adalah salah satu cara agar tetap bisa menjaga semangat tersebut.

Amalan dan kebiasaan baik yang dijalankan ketika Ramadan bisa dilakukan terus menerus setelah lebaran.

BACA JUGA:Niat Sholat Masjid Tahiyatul, Waktu Sholatnya, Kunci Keutaman, dan Tata Caranya


Tetap istiqomah dalam beribadah setelah Ramadan merupakan hal yang perlu diperhatikan setelah memasuki bulan Syawal.--freepik.com/@rawpixel.com

Ada banyak amalan setelah Ramadan yang bisa dilakukan agar tetap istiqomah. Amalan-amalan ibadah tersebut juga memiliki nilai pahala yang besar. Salah satunya puasa 6 hari di bulan Syawal. Dalam hadits disebutkan:

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.” (HR Muslim)

Selain puasa Syawal, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh seorang muslim untuk meningkatkan kualitas agar tetap istiqomah setelah Ramadan. Berikut di antaranya yang telah paltv.co.id rangkum dari berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber